Sukses


Ki-Jana Hoever, Sosok Debutan Liverpool Berusia 16 Tahun

Bola.com, Jakarta - Liverpool takluk di markas Wolverhampton Wanderers, pada ajang Piala FA, Selasa (8/1/2019) dini hari WIB. Namun, ada satu nama yang membuat Liverpudlian layak gembira, yakni Ki-Jana Hoever.

Awan mendung menyelimuti Liverpool pada pekan ini. Dua kekalahan beruntun menyoreng setelah begitu perkasa di pentas domestik sejak musim 2018-2019.

Setelah kalah dari Manchester City di panggung Premier League, pekan lalu, giliran Wolves yang memberi 'pelajaran'. Liverpool kalah 1-2 di Stadion Molineaux.

Namun, Ki-Jana Hoever memberi rasa berbeda. Pada usia 16 tahun, Hoever mampu menembus tim utama Liverpool, sekaligus melakoni debut. Ki-Jana Hoever bergabung dengan Liverpool pada awal musim ini.

Sayang, tak ada dokumen resmi terkait berapa uang yang dikeluarkan Liverpool untuk mendapatkan jasa pemain asal Belanda tersebut. Sebelum pindah ke Liverpool, Hoever lebih dulu meniti karier di Belanda.

Pemain yang lahir pada 18 Januari 2002 tersebut pernah bermain untuk Ajax Amsterdam. Dia sudah bermain di tim muda Ajax sejak tahun 2014, setelah sebelumnya bergabung dengan AZ Alkmaar.

Hoever juga merupakan pemain andalan timnas Belanda di kelompok usia U-17. Meskipun usianya masih sangat muda, Hoever sudah menunjukkan bakat besar yang dia miliki. Hoever punya kemampuan yang sama baiknya saat bermain di posisi bek kanan dan bek tengah. Tentu saja ini adalah modal yang bagus untuk Hoever.

Seperti dirilis Sky Sports, gaya bermain Hoever disebut mirip dengan Virgil van Dijk. Hoever adalah tipikal bek tengah modern. Bukan hanya mampu mematahkan serangan lawan, tapi dia juga memulai serangan dan punya kemampuan menguasai bola dengan baik.

Sebenarnya, Ki-Jana Hoever menjalani debut bersama Liverpool pada 15 September 2018, tapi di level U-18. Saat itu, dia membawa Liverpool U-18 menang atas Newcastle dengan skor 4-1. Tiga hari berselang, dia bermain di ajang UEFA Youth League melawan PSG.

Terus tampil konsisten membuat Hoever naik ke Liverpool U-23. Pada 22 November 2018, dia bermain di laga Premier League International Cup, saat Liverpool kalah dengan skor 0-7 dari Villarreal U-23.

Tadi malam, Hoever bermain sejak menit ke-6. Jurgen Klopp memainkan Hoever untuk menggantikan Dejan Lovren yang mengalami cedera. Meskipun tidak mampu membawa Liverpool menang, performa Ki-Jana Hoever mendapat pujian.

"Dia bermain dengan baik, dan masih berusia 16 tahun. Saat Anda dibutuhkan, ini tentang seberapa bagus Anda, bukan tentang usia Anda. Hoever melakukan dengan baik bersama Liverpool, jadi menurut saja itu oke. Begitulah," puji Jurgen Klopp..

Sumber: SkySports, Bola.net

Video Populer

Foto Populer