Faktor Cedera Jadi Penentu Masa Depan Vincent Kompany di Manchester City

Oleh Yus Mei Sawitri pada 09 Jan 2019, 12:10 WIB
Sarjana, Pesepak Bola, Andres Iniesta

Bola.com, Jakarta - Manchester City sedang membahas perpanjangan kontrak untuk sang kapten Vincent Kompany. Namun, klub juara bertahan Premier League tersebut menyoroti kondisi kebugaran sang pemain. 

Pemain berusia 32 tahun tersebut telah memperkuat Manchester City lebih dari 10 tahun. Masa depannya menjadi tanda tanya karena sudah memasuki enam bulan terakhir masa kontraknya. Kompany mengaku masih ingin bertahan di City. Sang manajer Pep Guardiola juga berharap bisa mempertahankan bek tangguh tersebut. 

Namun, faktor cedera bisa memengaruhi kelanjutan masa depan Kompany. Rekor cederanya jadi sorotan karena hanya bermain 51 kali dalam 3,5 musim terakhir.  

"Kami mempertimbangkan (perpanjangan kontrak), kami sudah membicarakannya. Saya akan senang (mempertahankannya). Dia kapten kami, sudah 11 tahun di sini. Kami melihat dalam dua pertandingan terakhir secara kualitas dia harus bermain. Satu-satunya masalah Vincent adalah cedera," kata Guardiola, seperti dilansir Four Four Two, Rabu (9/1/2019). 

Guardiola mengatakan Kompany memberikan efek positif ketika dimainkan. Dia memiliki nilai lebih dibandingkan pemain lain. 

"Kami menjadi lebih baik ketika Vincent bermain. (Aymeric) Laporte punya kaki kiri lebih baik, setiap bek tengah punya kualitas masing-masing. Tapi, tak diragukan Vincent memiliki sesuatu yang istimewa dengan kharismanya, memenangi duel, itu luar biasa," urai Guardiola. 

"Dia salah satu bek tengah terbaik yang pernah saya lihat. Masalahnya adalah kebugarannya," imbuh Guardiola tentang masa depan Vincent Kompany. 

Vincent Kompany hijrah ke Manchester City dari Hamburg pada 2008. Dia berperan penting membantu Manchester City meraih tiga gelar Premier League.