Mengenal Alisson Becker, Kiper Timnas Brasil yang Jadi Pujaan Baru di Liverpool

Oleh Liputan6.com pada 10 Jan 2019, 05:15 WIB
Kiper Liverpool, Alisson Becker

Jakarta - Alisson Becker resmi memperkuat The Reds pada 19 Juli 2018 lalu. Becker dipinang Liverpool dengan mahar fantastis yang mencapai 67 juta poundsterling atau setara Rp. 1,2 triliun.

Bersamaan dengan berlabuhnya Alisson Becker ke Liverpool, sekaligus sempat menjadikan Becker sebagai kiper termahal di dunia sebelum akhirnya digeser oleh Kepa Arrizabalaga yang dibeli Chelsea senilai 71.5 juta poundsterling setera 1.3 triliun tepat sebulan setelah Liverpool membeli Alisson Becker.

Sebelumya Becker sempat diperebutkan oleh dua klub besar Eropa. Liverpool dan Chelsea adalah dua klub yang mengincar Alisson Becker.

Namun akhirnya Becker lebih memilih untuk berlabuh di Liverpool karena menurutnya bergabung ke Liverpool akan menjadikan langkah terbaik untuk karirnya sebagai kiper.

“Saya memilih Liverpool karena alasan yang sama ketika saya pergi ke Roma, saat saya pertama kali meninggalkan Brasil. Menurut saya, bergabung ke Liverpool akan menjadi langkah terbaik untuk karir saya,” ujar Alisson.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 3

Alisson Becker membuat Liverpool tampil gemilang

Kiper Liverpool, Alisson Becker, gagal menepis tendangan gelandang Manchester City, Leroy Sane, pada laga Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/1). City menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)
Kiper Liverpool, Alisson Becker, gagal menepis tendangan gelandang Manchester City, Leroy Sane, pada laga Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/1). City menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Berlabuhnya kiper yang bernama lengkap Alisson Ramses Becker itu membuat Liverpool tampil gemilang. Liverpool masih merajai puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 54, dan lolos ke-16 besar Liga Champions.

Becker mampu mencatakan 17 clean sheet dan hanya kebobolan 14 gol dari 27 pertandingan di seluruh ajang musim ini, artinya Alisson Becker mampu membuktikan kehadirian dirinya di The Reds memberikan angin segar kepada Liverpool.

Meski begitu, Becker harus terus berjuang agar dapat membawa Liverpool kembali ke jalur kemenangan dalam setiap pertandingan. Untuk membuktikan dirinya berbeda dari pedahulunya Diego Cavalieri dan Alexander Doni, yang keduanya berasal dari Brasil sama seperti Becker, gagal bersaing dengan Pepe Reina sebagai kiper utama The Reds sejak Reina dikontrak The Reds dari tahun 2005 sampai 2015.

Sebelumnya, pada pertandingan Liverpool menghadapi Wolverhampton Wanderers pada babak tiga Piala FA, Selasa (8/1/2019) dini hari WIB, nasib Becker sempat di istirahatkan oleh pelatih Liverpool Jurgen Klopp.

Klopp berasalan memutuskan untuk mengistirahatkan Alisson Becker dan memainkan Simon Mignolet pada pertandingan tersebut, bukan karena meragukan kemampuan mantan kiper AS Roma tersebut. Klopp mengatakan bahwa pergantian itu memang diperlukan.

Alasan Klopp mendasar kepada bahwa Klopp masih percaya Mignolet juga sama hebatnya dengan Becker. Klopp berasalan rotasi skuat adalah salah satu faktor kunci Liverpool untuk menjadi juara.

“kami harus melakukanya (mengganti Becker demi Mignolet). Kami sudah melewati periode intens dengan kondisi baik, tetapi kami harus membuat pergantian pemain,” ujar klopp di fourfourtwo.

3 of 3

Alisson Becker sempat dibangku cadangkan Liverpool

Alisson Becker, Liverpool, AS Roma
Kiper timnas Brasil, Alisson Becker, resmi pindah dari AS Roma ke Liverpool. (Twitter/Liverpool)

Namun walaupun sempat dibangku cadangkan, Becker merasa sejak berada di Liverpool kemampuannya berkembang jauh lebih baik di Liverpool, menurutnya perkembangan tersebut akibat dirinya dilatih oleh pelatih kiper John Achterberg.

“John telah terbukti bukan hanya pelatih kiper yang hebat, tetapi orang yang hebat. Sejak aku tiba, aku perhatikan dia begitu dicintai oleh semua orang disini,” ujar Becker di Soccerway.Becker juga mengungkapkan bahwa dirinya menjadi lebih tenang dan santai ketika belajar bersama skuad The Reds, dirinya juga berkontribusi pada pekerjaan John Achterberg dengan cara meningkatkan kemampuanya merumput bersama The Reds.

“Dia membuatku sangat tenang dan santai setiap hari dan kami belajar satu sama lain. Aku telah menunjukan beberapa area yang memiliki kontribusi pada pekerjaanya dan juga telah mebantuku dengan hal yang dapat aku tingkatkan di lapangan. Aku percaya hubungan antara kiper dan pelatih perlu timbal balik, dengan banyak kepercayaan, dan kami telah mengembangkan ini sebagai tim.” Tambah Becker.

Alisson Becker kini diyakini akan menjadi kiper utama di Liverpool. Dia menggeser posisi Loris Karius yang musim lalu mendapat kepercayaan untuk mengawal gawang The Reds. Sebelumnya Alisson Becker telah mentandatangani kontrak panjang bersama Liverpool. Liverpool mengungkapkan bahwa mantan kiper AS. Roma tersebut akan membela The Reds selama enam musim.

Reporter: Shidqi Noer Salsa

Lanjutkan Membaca ↓