Manchester United Tiru Taktik Liverpool saat Tekuk Tottenham

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 14 Jan 2019, 15:55 WIB
Manchester United

Bola.com, Manchester - Legenda Manchester United, Gary Neville, menilai ada kesamaan taktik antara mantan timnya dengan Liverpool saat mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada pekan ke-22 Premier League, di Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019).

Caretaker manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, dengan cermat mengandalkan kecepatan, Anthony Martial dan Marcus Rashford, untuk merusak konsentrasi dua bek tengah tim London Utara.

Strategi itu terbukti ampuh karena The Red Devils berhasil mencetak gol melalui skema serangan balik. Umpan terukur Paul Pogba dari daerah permainan sendiri, berhasil dikonversi menjadi gol oleh Marcus Rashford pada menit ke-44.

"Manchester United memakai skema empat gelandang dan dua striker. Taktik ini tidak pernah diterapkan, jadi ini merupakan sebuah adaptasi," ujar Neville.

"Taktik ini mengingatkan saya pada laga yang dimainkan Liverpool awal musim ini di Wembley. Ketika itu, Mohamed Salah dan Sadio Mane bermain di samping dua bek tengah Tottenham," ia menambahkan.

"Ini keputusan yang pintar. Dia menunjukkan di babak pertama bahwa dia bisa memainkan laga besar melawan tim kuat."

Liverpool menang 2-1 atas Tottenham di Stadion Wembley pada 15 September 2018. Di laga tersebut, Jurgen Klopp mengandalkan kecepatan Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Strategi itu sulit diredam tuan rumah yang dua kali kebobolan oleh gol Georginio Wijnaldum dan Roberto Firmino. Sedangkan Tottenham memperkecil skor melalui Erik Lamela.

Kemenangan atas Tottenham membuat Manchester United semakin dekat dengan zona Liga Champions. Paul Pogba dan kawan-kawan hanya berjarak enam poin dari Chelsea yang mengoleksi 47 poin di peringkat keempat.

Sumber: Daily Star

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Tati Sumirah, Prestasi Untuk Bangsa

Tutup Video