Marcus Rashford, The Next Cristiano Ronaldo di Manchester United?

Oleh Liputan6.com pada 15 Jan 2019, 09:30 WIB
Gol Rashford dan Lukaku Anta MU Kalahkan Newcastle United

Jakarta - Manchester United membuktikan diri memiliki mental kuat. Sejak hadirnya Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United tampil beda. Mereka jadi bermain lebih ofensif dan haus gol. Hal tersebut terlihat di Wembley. Meski main di kandang lawan, mereka tak main bertahan. Bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Stadion Wembley, Manchester United membawa pulang tiga angka berkat gol tunggal Marcus Rashford.

Berbicara tentang Marcus Rashford, dirinya merupakan salah satu pemain Manchester United yang bersinar. Dalam sejarahnya, Rashford merupakan pemain yang mencetak gol dalam debutnya di Liga Eropa dan Premier League untuk Manchester United. Louis Van Gaal-lah yang memberi kesempatan Rashford setelah Anthony Martial cedera sebelum pertandingan Liga Eropa.

Berikut telah kami rangkum profil Marcus Rashford bintang baru Manchester United yang belakangan performanya kian mengilap:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 4

Profil Marcus Rashford

Liverpool Vs Manchester United
Bek Liverpool, Nathaniel Clyne, berebut bola dengan striker Manchester United, Marcus Rashford, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (16/12). Liverpool menang 3-1 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Marcus Rashford Lahir Wythenshawe, 31 Oktober 1997, Inggris. Marcus Rashford saat ini merupakan seorang pesepak bola profesional yang memperkuat Timnas Inggris dan Klub EPL Manchester United dan berposisi sebagai seorang penyerang.Pemain bernomor punggung 10 ini merupakan lulusan langsung dari akademi Manchester United.

Namun, di bawah Mourinho, Rashford tidak banyak mendapat kesempatan bermain. Bahkan, ia sering dimainkan sebagai pemain sayap kanan untuk menyesuaikan Alexis Sanchez atau Anthony Martial di sayap kiri.

Nama Marcus Rashford tidak masuk dalam daftar pemain yang berselisih dengan Jose Mourinho di Manchester United. Namun, pemain internasional Inggris ini pasti senang dengan penunjukkan Ole Gunnar Solskjaer karena memberinya kesempatan untuk bermain sebagai penyerang tengah di United.

Solskjaer akhirnya memainkan Rashford di depan dengan dukungan Martial dan Jesse Lingard di sisi sayap. Itu membuat Rashford menjadi sosok yang ditakuti pertahanan lawan dengan kecepatan, skill, dan finishing-nya.

3 of 4

Sentuhan Solskjaer

Manchester United Tumbangkan Tottenham Hotspur
Ekspresi kemenangan Ole Gunnar Solskjaer pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Minggu (13/1). Man United menang atas Tottenham Hotspur 1-0. (AFP/Adrian Dennis)

Pemain yang memiliki tinggi 180 cm ini mengalami peningkatan signifikan sejak kedatangan Solskjaer.

Bomber asal Inggris itu berhasil menjawab kepercayaan sang manajer yang menempatkannya sebagai striker utama. "Dia (Rashford) punya kecepatan yang menakutkan, dia semakin kuat, dan dia bisa menahan bola untuk kami. Dia pemain penghubung yang luar biasa," kata Solskjaer. Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku yakin Marcus Rashford akan menjadi striker hebat di masa depan.

Marcus Rashford dikabarkan bakal menjadi striker nomor satu di Manchester United selama Ole Gunnar Solskjaer masih ada. Solskjaer yang memutuskan Rashford geser Romelu Lukaku sebagai striker utama Manchester United. Rashford tampil cukup tajam di bawah arahan Solskjaer. Dia sudah berhasil mencetak 3 gol dari empat kali penampilannya.

Paul Pogba juga memberikan pujian terhadap Rashford. Tanpa pergerakan sang kompatriot yang lebih cepat dari bek lawan, tak mungkin umpannya bisa menghasilkan gol. "Rashford tahu bagaimana mengelabui bek musuh, dan itu yang sudah kami perlihatkan," tegasnya.

Marcus Rashford merupakan salah satu dari tiga Wonderkid Terbaik di Premier League 2018-2019. Ryan Sessegnon memang masih 18 tahun, namun sudah menjadi pemain tak tergantikan di skuat Fulham dan Trent Alexander Arnold pemain 20 tahun itu sudah jadi pemain inti di Liverpool pada pos bek kanan.

4 of 4

Pujian dari Paul Pogba

Gol Tunggal Rashford Antar Mu Taklukan Tottenham
Gelandang Manchester United, Paul Pogba berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Tottenham Hotspur, Moussa Sissoko pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Wambley, London (13/1). MU menang tipis 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)

Sedangkan Rasford merupakan pemain muda binaan Manchester United ini makin mendapat kepercayaan di skuat utama Setan Merah musim ini.

Neville sang legenda Manchester United pun tak sungkan menyebut Rashford memiliki potensi yang sangat besar untuk jadi bintang. Rashford, kata Neville, akan terus berkembang.

"Penampilan Rashford fantastis. Saya senang sekali menyaksikannya, dia sudah bermain hampir di 150 laga pada usia 21 tahun. Kemampuannya semakin berkembang”. Total, Marcus Rashford, yang merupakan jebolan akademi Manchester United, telah mencetak enam gol dari 18 penampilan di Liga Inggris. Padahal, musim lalu, dalam semusim dia hanya mencetak tujuh gol.

Marcus Rashford juga dikenal sebagai the next Cristiano Ronaldo. Berawal dari tendangannya yang keras dan tajam. Tidak hanya itu Marcus Rashford juga memiliki tendangan bebas yang sangat baik.

"Saya bisa saja berbicara tentang banyak individu tapi ketika anda seorang penyerang seperti Rashford, mencetak gol seperti itu dengan tenang, dia hanya melepas passing melewati penjaga gawang.

Kemudian tendangan bebasnya, itu, tentu saja termasuk di laga melawan Cardiff dan dia mampu melakukannya lagi (melawan Newcastle). Dia melakukannya dengan sangat baik. Dia pasti melihat Ronaldo saat sedang berlatih," ucap Solskjaer.

Sebuah sinyal bahaya datang bagi Manchester United. Marcus Rashford dikabarkan tengah diincar oleh juara bertahan La Liga, Barcelona. Dilansir The Express, performa Rashford ini mulai dilirik oleh Barcelona.

Tim asal Catalunya itu disebut siap membajak sang striker dari Old Trafford. Menurut laporan tersebut, Rashford akan coba didatangkan Barcelona sebagai pengganti Luis Suarez. Laporan itu juga mengklaim bahwa pihak Barcelona tidak akan terburu-buru merekrut sang striker di bulan Januari nanti. Mereka kabarnya baru akan bermanuver di akhir musim nanti.

 Reporter: Heri Setiawan

Lanjutkan Membaca ↓