Petr Cech, 15 Musim Memesona di Pentas Liga Inggris

Oleh Liputan6.com pada 17 Jan 2019, 05:15 WIB
Kiper Arsenal, Petr Cech

Jakarta - Kabar pengunduran diri kiper Arsenal, Petr Cech, mengundang perhatian lebih dari penikmat sepak bola di seluruh dunia. Para kiper-kiper berkelas lainnya juga menyempatkan diri untuk memberikan tribut bagi pemain asal Ceko tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Bola.net, Rabu (16/1/2019) Petr Cech mengumumkan bahwa dirinya akan gantung sepatu begitu kontraknya berakhir pada bulan Juni mendatang.

Padahal beberapa bulan yang lalu, ia pernah berujar bahwa dirinya yakin bakal disodori kontrak baru oleh manajemen.

Kiper Arsenal, Petr Cech, menjadikan musim 2018-19 sebagai musim terakhirnya berkarier sebagai pesepak bola. 

Penjaga gawang asal Republik Ceska itu telah menjalani karier di Premier League selama 15 musim.

Cech saat ini sudah berusia 36 tahun. Kontraknya bersama dengan Arsenal sendiri akan habis pada Juni 2019 mendatang.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 5

Ungkapan Pamit Cech

Pengumuman pensiun itu ia ungkapkan melalui akun Twitter miliknya, @PetrCech, pada Selasa (15/01) siang waktu setempat.

Cech mengatakan ia memutuskan pensiun karena telah meraih segalanya dalam kariernya selama dua dekade.

Namun ia juga memastikan akan tetap berusaha keras untuk membawa The Gunners meraih setidaknya satu trofi juara di akhir musim ini.

"Ini adalah musim ke-20 saya sebagai pemain profesional dan sudah 20 tahun sejak saya menandatangani kontrak profesional, jadi ini terasa merupakan waktu yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun di akhir musim ini."

"Setelah bermain selama 15 tahun di Premier League, dan memenangkan setiap gelar juara yang ada, saya merasa saya telah meraih segalanya yang ingin saya raih.

Saya akan terus bekerja keras untuk Arsenal agar semoga saja bisa memenangkan satu trofi lagi musim ini, kemudian saya akan sangat menantikan untuk melihat apa yang ditawarkan oleh hidup ini di luar lapangan." Demikian pernyataan dari Cech.

3 of 5

Mourinho Turut Bersedih

Petr Cech- Jose Mourinho
Petr Cech- Jose Mourinho (OZAN KOSE / AFP)

Kedekatan Mourinho dengan Cech bermula ketika Cech bergabung dengan Chelsea. Di klub inilah ia meraih banyak gelar juara, khususnya saat di era Jose Mourinho.

Mourinho buka suara mengenai Petr Cech, kiper Arsenal yang pernah bekerja dengannya saat masih di Chelsea. Pada Selasa (15/1/2019), Cech memutuskan akan pensiun dari lapangan hijau.

"Saya merasa terhormat menjadi manajer, pada awal karier, bisa memberikan Petr Cech kesempatan menjadi kiper nomor satu di Premier League," kata Mourinho.

"Setelah hari itu, semuanya tentang Cech. Ini tentang jumlah pertandingan, performa, clean sheet, gelar, dan sikap profesionalnya."

"Ini kehilangan besar bagi sepak bola. Namun, sejarah tidak bisa dihapus. Selamat atas karier yang luar biasa," lanjut Mourinho.

Saat melatih Chelsea, Mourinho membeli Cech dari Rennes pada 2004. Hingga kini, Cech terus bertahan di Premier League dan sempat pindah ke Arsenal pada 2015.

4 of 5

Perjalanan karier Petr Cech

Arsenal Vs Blackpool
Kiper Arsenal, Petr Cech, menangkap bola saat melawan Balckpool pada laga Piala FA di Stadion Bloomfield Road, Sabtu (5/1). Arsenal menang 3-0 atas Blackpool. (AFP/Anthony Devlin)

Kiper dengan tinggi tubuh mencapai 1.96 meter ini mengawali karier sepak bola profesionalnya pada tahun 1999 silam bersama klub Chmel Blsany. Setelah itu pada tahun 2001 ia gabung Sparta Praha.

Petr Cech hijrah ke Inggris ketika Chelsea merekrutnya dari Rennes pada 2004. Ia meninggalkan Chelsea pada 2015 dan bergabung ke Arsenal.

Selama berkarier di Inggris, Cech mengangkat trofi sebanyak 18 kali, yang 15 kali di antaranya diraih bersama Chelsea.

Selama membela Chelsea, Cech mengantarkan klub tersebut meraih gelar Premier League (4 kali), FA Cup (4 kali), Piala Liga (3 kali), Liga Champions dan Liga Europa. Posisinya tergusur setelah Chelsea memiliki Thibaut Courtois.

Cech bergabung ke Arsenal sejak 2015. Sejak hijrah ke Arsenal, Petr Cech mempersembahkan gelar Piala FA pada musim 2016-17. Pada musim 2018-19, posisi Cech di Arsenal tergusur karena kehadiran Bernd Leno. Kontrak Cech bersama Arsenal akan berakhir pada Juni 2019.

Di level internasional, Cech sudah membela timnas senior Ceko sejak tahun 2002. Ia pensiun dari timnas pada tahun 2016 dengan 124 caps. Sekarang ini, ia berstatus sebagai kiper cadangan di skuat asuhan Unai Emery.

Cech adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Ia terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Liga Champions UEFA musim kompetisi 2004-05, 2006-07, dan 2007-08.

Ia terpilih sebagai salah satu dari Penjaga Gawang Terbaik Dunia menurut International Federation of Football History & Statistics pada tahun 2010.

5 of 5

Cedera yang Dialami Petr Cech

Cech diharuskan menggunakan helm pengaman yang biasa digunakan para pemain rugby dalam setiap latihan dan pertandingan sepak bola sejak bulan Januari 2007.

Hal tersebut disebabkan struktur tulang tengkoraknya yang lemah akibat cedera retak tulang tengkorak yang ia alami setelah kepalanya terkena hantaman lutut kanan Stephen Hunt saat Chelsea bertemu pada 14 Oktober 2006.

Reporter: Tyas Titi Kinapti

 

Lanjutkan Membaca ↓