Sukses


5 Pesepak Bola asal Republik Ceska yang Sukses Menaklukkan Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Republik Ceska adalah salah satu salah satu poros kekuatan sepak bola di Eropa timur. Negara pecahan Cekoslowakia itu menjadi runner-up di Piala Dunia 1962 dan juga memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 1976.

Mereka juga punya tim yang sangat kuat pada akhir 1990-an dan awal 2000-an dan berhasil mencapai semifinal Euro 2004.

Sepak bola Ceska yang indah berhasil memikat para pecinta sepakbola di seluruh dunia selama beberapa dekade. Mereka juga menghasilkan beberapa pemain sepak bola kelas dunia seperti Pavel Nedved, Karel Poborsky dan Robert Prosinecki, yang semuanya memiliki karier yang sukses di level klub.

Namun, sepakbola Ceska sedang mengalami fase sulit saat ini dan mereka gagal lolos ke beberapa Piala Dunia terakhir. Tidak banyak pemain Ceska yang bermain di Premier League karena kebanyakan dari mereka biasanya lebih suka bermain di Bundesliga atau Serie A.

Berikut ini lima pemain Republik Ceska yang sukses di Premier League seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Petr Cech

Cech adalah kiper yang luar biasa dan baru saja mengumumkan akan pensiun pada akhir musim ini. Dia bisa dibilang sangat sukses di Premier League selama sekitar satu setengah dekade dan menjadi salah satu kiper terbaik di dunia selama periode itu. Dia adalah kiper yang hebat dan juga sangat kuat di udara.

Cech mulai mencuat setelah tampil sangat mengesankan di Euro 2004 untuk Republik Ceko. Ia direkrut oleh Chelsea pada 2004 dan menjadi pemain penting untuk mereka. Ia berkontribusi sangat signifikan saat Chelsea memenangkan gelar liga pada 2004-5 dan 2005-06. Dia menderita cedera kepala yang parah dalam pertandingan melawan Reading pada 2006 dan mengenakan pelindung kepala sejak saat itu.

Cech tampil mengesankan ketika Chelsea mengalahkan Bayern melalui adu penalti di final Liga Champions 2011-12. Dia merupakan salah satu dari sedikit kiper yang berhasil memenangkan Premier League dan Liga Champions. Cech bermain dalam 494 pertandingan untuk Chelsea dari 2004 hingga 2015.

Dia pindah ke Arsenal pada tahun 2015. Cech menjadi starter untuk Arsenal selama tiga musim pertamanya di klub. Namun, ia kehilangan tempatnya di starting eleven dari Bernd Leno sejak awal musim ini. Secara keseluruhan, Cech sudah bermain dalam 772 pertandingan di klub dan memenangkan 4 Premier League, 1 Liga Champions, dan 4 gelar FA Cup. Dia tidak diragukan lagi adalah kiper terbaik Republik Ceska sepanjang masa.

3 dari 6 halaman

Thomas Rosicky

Thomas Rosicky adalah gelandang serang dari Republik Ceko yang bisa bermain di lini tengah dan sayap. Ia datang dari Borussia Dortmund pada 2006 dan bermain untuk Arsenal hingga 2016. Ia adalah pemain yang sangat bagus dan memiliki visi yang sangat bagus pula.

Rosicky adalah pemain yang sempurna untuk sepakbola cepat Arsenal di bawah Arsene Wenger. Dia bermain bersama Andrei Arshavin, Alexander Hleb dan Theo Walcott di Arsenal. Rosicky juga memiliki kemampuan mencetak gol dengan tendangannya dari luar kotak penalti dan menciptakan beberapa gol penting untuk The Gunners.

Rosicky mencetak 28 gol dalam 247 pertandingan untuk Arsenal dan juga memenangkan 2 gelar FA Cup. Dia pindah ke Sparta Prague pada 2016 dan kemudian pensiun dari sepakbola pada 2017.

4 dari 6 halaman

Milan Baros

Milan Baros dikenal saat bermain untuk Liverpool selama beberapa musim. Dia direkrut dari Banik Ostrava pada 2002 dan bermain untuk The Reds hingga 2005. Dia bermain bersama Michael Owen di Liverpool dan bisa mencetak gol di sana.

Baros sangat bagus di udara dan mencetak beberapa gol dengan tandukannya yang luar biasa. Dia juga lincah di dalam kotak penalti dan tidak punya masalah mencetak gol dari sudut sempit. Ia juga mencetak gol dari penalti di final Liga Champions melawan AC Milan dan menjadi juara di Istanbul.

Baros bermain dalam 108 pertandingan untuk Liverpool dan mencetak 27 gol. Dia juga memenangkan 1 Liga Champions bersama mereka. Dia pindah ke Aston Villa pada 2005, tetapi berhasil meninggalkan warisan hebat di Liverpool.

5 dari 6 halaman

Patrick Berger

Patrick Berger bermain untuk Liverpool dari tahun 1996 hingga 2003 dan tetap menjadi salah satu pemain Ceko paling sukses dalam sejarah Premier League. Berger adalah gelandang serang yang sangat cepat dan kuat, yang juga bisa bermain sebagai pemain sayap. Dia jago dalam menyundul bola dan mencetak beberapa gol dari bola mati.

Liverpool punya tim yang hebat di akhir 1990-an dengan para pemain seperti Berger, Robbie Fowler dan Steve McManaman, tetapi tidak bisa memenangkan satu pun trofi besar.

Berger akhirnya merasakan kesuksesan untuk The Reds pada musim 2000-01, ketika mereka memenangkan treble termasuk FA Cup, Piala UEFA dan Piala Liga. Berger juga dikenal karena mencetak gol melawan Jerman di final Euro 1996 dan bergabung dengan Liverpool setelah tampil mengesankan di turnamen itu.

Dia meninggalkan Liverpool pada 2005 untuk klub Prancis, Bordeaux. Dia juga mencetak 35 gol dari 195 pertandingan untuk mereka.

6 dari 6 halaman

Vladimir Smicer

Smicer adalah gelandang serang yang bermain untuk Liverpool dari tahun 1999 hingga 2005. Dia juga pencetak gol yang produktif dan mencetak satu gol melawan AC Milan di final Liga Champions pada 2005. Liverpool dinobatkan sebagai juara Eropa setelah memenangkan final yang mendebarkan itu.

Dia adalah bagian dari tim Liverpool yang termasuk pemain-pemain seperti Steven Gerrard, Milan Baros, Harry Kewell dan Sami Hyypia di bawah asuhan Rafael Benitez. Mereka tidak bisa memenangkan gelar Premier League. Namun, mereka memenangkan FA Cup dan Piala UEFA pada tahun 2001 dan Smicer memainkan peran penting di dalamnya.

Smicer juga bisa bermain di sayap dan merupakan pemain yang sangat berguna. Dia bisa mencetak gol dan bisa memberikan umpan silang berkualitas untuk para striker. Dia mencetak 19 gol dalam 183 pertandingan untuk Liverpool dan meninggalkan klub untuk Bordeaux pada 2005.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer