Sukses


Petr Cech dan 4 Kiper Raja Clean Sheet di Pentas Premier League

Bola.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Inggris menjadi salah satu kompetisi yang kaya sajian permainan ofensif. Jumlah gol yang tercipta selalu banyak.

Meski selalu menciptakan banyak gol, bukan berarti posisi penjaga gawang di Premier League tidak memiliki peran berarti.

Bahkan dalam perkembangan sejarah Liga Inggris, telah terdapat lima kiper dengan catatan clean sheet terbanyak. Salah satunya Petr Cech, kiper Arsenal yang baru-baru ini mengumumkan bakal gantung sepatu akhir musim ini.

Berikut ini lima kiper dengan catatan clean sheet terbanyak dalam sejarah Liga Inggris, seperti dikutip dari Sportskeeda. Seberapa hebat ini.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Nigel Martyn (137 Clean Sheets)

Nama Nigel Martyn kiper yang nyaris tidak pernah memperkuat klub papan atas dalam perjalanan kariernya.

Memulai kariernya bersama Bristol City, penampilan apik Martyn di bawah mistar pun mencuri hari Crystal Palace untuk merekrutnya dengan mahar sebesar 1 juta euro atau sekira Rp16 miliar.

Bersama Palace, performa Martyn juga cukup impresif dengan catatan 45 clean sheets dari 272 laga.

Puncak karier Martyn sendiri terjadi ketika dirinya memperkuat Leeds United periode 1996 hingga 2003. Kehebatan Martyn dalam mengawal gawang Leeds pun mengantarkan namanya masuk dalam team of the year Liga Inggris sebanyak tiga kali beruntun dari 1997 hingga 2000.

3 dari 6 halaman

David Seaman (141 Clean Sheets)

Masuknya nama Seaman sebagai salah satu kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di Premier League bukan sesuatu yang mengejutkan. Penjaga gawang berkumis tebal ini andalan Arsenal serta Timnas Inggris di era 1990 hingga awal 2000-an.

Seaman sendiri memulai bersama Peterborough United sebelum akhirnya memperkuat dua klub lainnya, yaitu Birmingham City dan Queens Park Rangers (QPR). Tapi karier Seaman benar-benar melejit ketika dirinya direkrut Arsenal pada 1990.

Posisi Seaman sebagai penjaga gawang Arsenal pun nyaris tidak tersentuh. Total Seaman berhasil mencatatkan 141 clean sheet sepanjang kariernya profesional, sebelum akhirnya memutuskan pensiun di Manchester City pada 2004.

4 dari 6 halaman

Mark Schwarzer (153 Clean Sheets)

Mark Schwarzer memulai kariernya bersama National Soccer League (NSL) di Australia dengan memperkuat Marconi Stallions pada 1990.

Penampilan impresif Schwarzer membuat peserta Liga Jerman, Dynamo Dresden tertarik memboyongnya.

Petualangan Schwarzer di Eropa pun dimulai bersama Dresden. Sejumlah performa menjanjikan membuat 1. FC Kaiserslautern merekrutnya setahun berselang atau tepatnya 1995. Schwarzer sendiri memang bukanlah pilihan utama bersama Kaiserslautern.

 Akan tetapi itu tak membuat Bradford City berpaling darinya. Mereka akhirnya memboyong Schwarzer di Inggris dan dijadikan sebagai kiper utama.

Terhitung sejak membela Bradford, Schwarzer telah memperkuat empat klub Liga Inggris termasuk Chelsea dan Leicester City. Selama 20 tahun berkarier di Inggris Raya, Schwarzer pun berhasil mencatatkan 153 clean sheets.

5 dari 6 halaman

David James (172 Clean Sheets)

Nama David James beken di kalangan pecinta Liga Inggris. Kiper jangkung beramput ikal itu memang telah banyak membela sejumlah klub elite Liga Inggris, termasuk Liverpool dan Manchester City.

James sendiri memulai perjalanan kariernya profesionalnya bersama Watford. Performa impresif James di Watford pun membuat Liverpool jatuh cinta dan akhirnya diboyong pada 1992. Bersama Liverpool, James melalui tujuh musim di Anfield Stadium.

James memutuskan untuk hengkang dari Liverpool dan bergabung bersama West Ham United. Hanya berselang dua tahun, James pun memutuskan menerima tawaran dari Man City.

Akan tetapi puncak karier James sendiri terjadi ketika memperkuat Portsmouth. Total James berhasil mencatatkan 172 clean sheets sepanjang perjalanan kariernya di Liga Inggris.

6 dari 6 halaman

Petr Cech (202 Clean Sheets)

Sejak pertama kali debut bersama Sparta Praha di Liga Republik Ceska, Prt Cech memang sudah menunjukkan tanda-tanda bakal menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Itu terbukti dengan sejumlah klub elite Liga Inggris macam Everton, Manchester United, dan Arsenal mengirim pemandu bakat mereka untuk memantau perkembangan Cech.

Akan tetapi justru Chelsea yang berhasil mendaratkan Cech 2004. Ya, Chelsea berhasil merekrut Cech dari salah satu peserta Liga Prancis, Rennes. Bersama Chelsea, Cech pun menunjukkan performa yang sungguh luar biasa di bawah mistar gawang.

Ketika berkostum Chelsea, Cech berhasil memecahkan rekor clean sheet milik David James. Cech pun akhirnya memilih bergabung bersama Arsenal pada musim panas 2015. Setelah tiga tahun berseragam Arsenal, Cech memutuskan bakal pensiun dari dunia sepakbola pada akhir musim 2018-2019

Video Populer

Foto Populer