Sukses


4 Alasan Liverpool Tak Rugi Menebus 75 Juta Pounds Virgil van Dijk

Bola.com, Jakarta - Virgil van Dijk sudah menjadi pemain penting di jantung pertahanan Liverpool sejak digaet dari Southampton pada pertengahan musim 2017-2018. Oleh karena itu, The Reds bisa dibilang tidak sia-sia menebusnya dengan biaya 75 juta pounds.

Pada Sabtu (19/1/2019), Van Dijk membantu Liverpool memenangkan pertandingan melawan Crystal Palace di Anfield Stadium dengan skor 4-3 dalam lanjutan Premier League.

Dengan kedatangan Van Dijk, lini pertahanan Liverpool menjadi sangat kokoh. Dia membawa tim asuhan Jurgen Klopp itu berada di puncak klasemen Premier League dengan 60 poin.

Pengaruh pemilik nomor punggung 4 di The Reds ini terlihat jelas. Dia terus menggali angka-angka di balik pencapaian pertandingan ke-51.

Menurut statistik dari Opta, ada fakta yang membuktikan kalau Van Dijk menjadi jantung pertahanan Liverpool sejak bergabung dari Southampton. 

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 5 halaman

24 Clean Sheet

Sejak kedatangan Van Dijk, Liverpool mampu mencatatkan 24 clean sheet di semua kompetisi. Kendati demikian, dia harus menunggu hingga pertandingan kelima untuk meraih clean sheet pertama bersama Liverpool.

Namun sejak saat itu, bek asal Belanda itu mulai terbiasa dengan permainan Liverpool. Musim ini saja, dia membantu The Reds mencatatkan 13 clean sheet dari 23 pertandingan di Premier League.

"Saya suka dengan clean sheet," katanya, dikutip dari situs resmi klub.

3 dari 5 halaman

34 Kemenangan

Lini pertahanan Liverpool sangat tangguh musim ini. Mereka hanya kemasukan 13 gol di Premier League hingga pekan ke-23 Premier League. The Reds tercatat telah mengantongi 19 kemenangan.

Van Dijk nyaris tak tergantikan di lini pertahanan Liverpool. Secara keseluruhan, dia telah membantu memenangkan 34 dari 51 pertandingan The Reds di semua kompetisi musim ini, termasuk penampilan di Liga Champions, dengan hasil tujuh kali imbang dan 10 kemenangan.

4 dari 5 halaman

Raja Bola Udara

Tidak ada pemain Liverpool yang bisa mengalahkan persentase keberhasilan Van Dijk dalam duel dalam 51 pertandingan sejauh ini. Pemain berusia 27 tahun ini telah memenangkan 71,69 persen dari 445 duel yang jalaninya.

Pada periode yang sama, dia juga memimpin dalam hal clearance (272), intersepsi (59) dan blok (21).

"Dia memiliki potensi luar biasa," kata Klopp pekan lalu. "Dia adalah orang yang fantastis, dia kuat secara fisik dan memiliki semua hal teknis yang Anda butuhkan sebagai bek tengah."

"Begitu banyak hal yang sudah baik dan banyak hal yang masih bisa dia tingkatkan. Itulah situasinya."

5 dari 5 halaman

Benteng yang Sulit Ditembus

Tim asuhan Klopp membuat rekor waktu terlama kedua dalam sejarah klub, untuk urusan tanpa kebobolan gol di Anfield selama 2018.

Ada rentang waktu 918 menit sejak dari kebobolan gol Michail Antonio untuk West Ham United pada bulan Februari dan Callum Paterson untuk Cardiff City pada bulan Oktober.

Yang paling menonjol dari tim itu adalah Van Dijk, yang merupakan satu-satunya anggota dari lima bek yang menjadi starter di setiap pertandingan tersebut.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer