Jose Mourinho Tak Merasa Doyan Memakai Strategi Parkir Bus

Oleh Ario Yosia pada 21 Jan 2019, 22:45 WIB
Manchester United Susah Payah Redam Perlawanan Young Boys

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho pekan lalu kembali menjadi pusat perhatian. Bukan karena kiprahnya sebagai pelatih sebuah klub. Tapi, dia muncul kembali di pentas sepak bola Eropa dalam kapasitas sebagai seorang pundit.

Dan, salah satu hal pertama yang dilakukan Mourinho sebagai komentatoradalah menyerang Gary Neville.

Neville adalah sosok pundit yang bersuara lantang mengkritik setiap kebijakan yang diambil oleh Mourinho saat masih jadi manajer Manchester United. Pemain baru hingga gaya bermain yang dibawa Mourinho jadi sasaran kritiknya.

Dan, kini giliran Mourinho yang memberi kritik balasan pada Neville. Seperti apa balasan Mourinho untuk eks kapten United tersebut.

Gary Neville pernah berujar jika cara bermain yang diterapkan Jose Mourinho tak akan pernah cocok dengan United. Sebab, Setan Merah tak punya catatan pernah tampil bertahan. United identik dengan cara bermain menyerang.

Mourinho membalas Neville dengan menyebut dia tidak tahu apa pun soal filosofi sepak bola yang dia anut dalam setiap tim yang diasuh. "Gary Neville tidak tahu apa pun soal filosofi saya," ucap manajer asal Portugal kepada beIN Sports usai menganalisis pertandingan Arsenal Vs Chelsea akhir pekan lalu.

"Filosofi bermain saya tergantung pada klub. Saya ingin pergi ke klub yang punya kondisi sama dengan tempat di mana Jurgen Klopp [manajer Liverpool] dan Pep Guardiola [manajer Man City] bekerja," papar eks pelatih Real Madrid tersebut.

"Saya sudah menolak tiga pekerjaan karena bukan itu yang saya inginkan," sambung Jose Mourinho.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 2

Rekor di Real Madrid

Manchester United-Juventus-Jose Mourinho
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho bertepuk tangan sambil berjalan meninggalkan lapangan usai pertandingan melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Dalam karier Jose Mourinho sebagai manajer di setiap klub yang dia latih, ada satu kata yang cukup melekat yakni 'parkir bus'. Frasa tersebut merujuk pada taktik bertahan total yang biasa dilakukan oleh Mourinho ketika berjumpa dengan tim-tim besar.

Lantas, dari manakah asal usul istilah 'parkir bus' tersebut?

"Anda tahu kapan reputasi itu [parkir bus] mulai dikenal? Ketika saya menjadi juara bersama Real Madrid dengan meraih 100 poin dan mencetak 106 gol. Itu adalah rekor di sepak bola Spanyol," terang pria asal Portugal tersebut.

"Untuk bisa melakukan itu, artinya tim harus memenangi pertandingan sebanyak mungkin. Real Madrid mencetak rekor saat ditangani pelatih yang katanya doyan bertahan. Sebuah kebohongan yang diucapkan berulan-ulang tidak akan menutupi sebuah fakta," ujar Jose Mourinho menambahkan.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓