Tragedi Emiliano Bikin Pemain Cardiff Takut Naik Pesawat

Oleh Marco Tampubolon pada 31 Jan 2019, 11:00 WIB
Diperbarui 31 Jan 2019, 11:00 WIB
Arsenal Vs Cardiff City
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, merayakan gol ke gawang Cardiff City pada laga Premier League di Stadion Emirates, Rabu (30/1). Arsenal menang 2-1 atas Cardiff City. (AP/Nick Potts)

Jakarta Insiden yang menimpa Emiliano Sala menimbulkan trauma pada pemain Cardiff City. Kecelakaan itu kini membuat para pemain tim asal Wales tersebut takut berpegian menggunakan pesawat terbang. 

Sol Bamba, salah seorang pemain Cardiff City, mengatakan, beberapa rekannya trauma dengan insiden yang menimpa Sala. Bahkan tim berjuluk Bluebirds itu melakukan konseling terhadap para pemain untuk mengurangi rasa takut mereka usai mengetahui insiden Sala. 

"Sangat sulit bahkan untuk menceritakan perasaan para pemain," katanya kepada BBC. 

"Ini bukan situasi yang normal, ini sebuah tragedi," beber Bamba. 

Sala terbang dari Nantes ke Cardiff, Senin (21/1/2019). Pagi harinya, pemain berusia 28 tahun itu seharusnya sudah bisa bergabung dengan Bamba dan pemain Cardiff lainnya. 

Sala berada di Nantes untuk menemui rekan-rekannya setelah resmi menadatangani kontrak dengan Cardiff City, sehari sebelumnya. Namun dalam perjalanan menuju Cardiff, Wales, pesawat carteran yang ditumpanginya hilang kontak di Channel English, daerah Guernsey.

Pemerintah Inggris dan Prancis telah melakukan pencarian selama tiga hari. Sejumlah puing ditemukan mengambang di laut dan kuat dugaan tidak ada yang selamat dalam insiden itu. Kini proses pencarian dilakukan secara mandiri oleh pihak keluarga dan kerabat dekat. 

"Kami semua terpengaruh oleh kejadian itu, tim, kota, dan seluruh klub," kata Bamba.

"Kami telah mendapat beberapa bantuan. Kami bepergian dengan pesawat dan beberapa pemain mulai berpikir tidak ingin melakukan hal itu lagi," beber pemain 34 tahun itu. 

"Sedalam itu, pelatih dan klub sangat baik dengan membawa seseorang yang bisa diajak bicara bila kami membutuhkannya," kata Bamba menambahkan. 

2 dari 2 halaman

Kekalahan yang Baik

Arsenal Vs Cardiff City
Pemain Cardiff City, Joe Bennett, melepaskan tendangan bebas ke gawang Arsenal pada laga Premier League di Stadion Emirates, Rabu (30/1). Arsenal menang 2-1 atas Cardiff City. (AFP/Ian Kington)

Hal senada juga disampaikan oleh pelatih Cardiff City, Neil Warnock. Senin lalu, dia mengatakan bahwa klub telah mendapat bantuan dari Asosiasi Manajer Liga. Sementara pemain juga berusaha mencari bantuan profesional untuk mengatasi trauma itu. 

Kekalahan 1-2 yang dialami Cardiff dari Arsenal juga menurut Warnock baik untuk mengalihkan perhatian para pemain. "Saya pikir pemain butuh jalan keluar," kata Bamba. 

"Jadi saya pikir itu pemikian yang baik dari pelatih dan klub, dan mudah-mudahan pekan mendatang kami bisa tampil lebih baik lagi," beber Bamba. 

Sumber: liputan6.com

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓
Starting XI Pemain U-21 Paling Berharga di Liga Inggris 2020-2021