5 Kandidat Kapten Manchester United Setelah Antonio Valencia Dilepas di Akhir Musim

Oleh Windi.Wicaksono pada 31 Jan 2019, 15:30 WIB
Diperbarui 02 Feb 2019, 15:18 WIB
Pesepak Bola yang Gagal Direkrut Guardiola

Jakarta - Manchester United menunjuk Antonio Valencia sebagai kapten ketika Michael Carrick pensiun pada akhir musim lalu. Ada beberapa kandidat yang dianggap mampu mengemban tugas berat itu, tapi ban kapten jatuh ke tangan Antonio Valencia.

Valencia telah bergabung dengan MU sejak musim panas 2009. Dia jadi pemain terlama di skuat Setan Merah sekarang.

Pilihan kepada pemain internasional Ekuador itu pun diterima secara luas, baik klub tim maupun suporter. Valencia dinilai menjadi bagian penting Manchester United hingga saat ini.

Namun, musim ini Valencia mulai kehilangan bentuk permainan terbaiknya. Manchester United berencana melepas pemain berusia 33 tahun itu akhir musim ini.

Manchester United mulai mempertimbangkan sederet pemain yang dinilai layak menjadi pengganti Valencia. Berikut 5 calon kapten masa depan MU versi Sportskeeda.

2 of 6

5. Chris Smalling

Manchester United, Kandidat Kapten
Bek Manchester United, Chris Smalling (kanan) kerap dipercaya menjadi kapten. (AFP/Paul Ellis)

Chris Smalling salah satu pemain yang sudah lama berada di klub ini. Pemain asal Inggris juga bek paling berpengalaman di skuat Manchester United sekarang.

Smalling pernah menjadi kapten Manchester United sebanyak 14 kali pada musim 2016-2017. Dia bahkan menjadi kapten di final Piala Liga 2017 saat mengalahkan Sunderland.

Fakta itu sudah cukup sebagai pertimbangan menjadi calon kapten Manchester United. Hanya saja, penampilan Smalling tidak menjamin tempat permanen di tim utama Setan Merah.

3 of 6

4. Ashley Young

Watford vs Manchester United
Bek sayap Manchester United, Ashley Young, melakukan selebrasi setelah mencetak gol. (AP/Andrew Matthews).

Ashley Young bergabung dengan Manchester United dari Aston Villa pada Juni 2011. Dia sebelumnya bermain sebagai sayap kanan, tapi sekarang banyak diturunkan sebagai fullback.

Young telah memenangi trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga, Community Shields, hingga Liga Europa. Itu bukti Young punya mental pemenang dan pantas jadi kapten baru Manchester United.

Musim ini sejak Ole Gunnar Solskjaer menangani Setan Merah, Young sudah enam kali menjadi kapten. Pengalaman Young bisa membuat dia jadi kapten permanen Manchester United selanjutnya.

4 of 6

3. Paul Pogba

Manchester United Vs Brighton and Hove Albion
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AP/Martin Rickett)

Banyak yang bisa dilakukan Paul Pogba di lapangan. Pemain Timnas Prancis itu bisa bertahan, mampu menyerang, ahli menggiring bola, dan sanggup mencetak gol juga.

Pogba terus bersinar sejak Solskjaer ditunjuk sebagai pelatih sementara Manchester United menggantikan Jose Mourinho. Pogba menunjukkan kepemimpinan dari lini tengah.

Dia satu-satunya pemain yang membawa X- Factor ke tim Manchester United saat ini. Wajar jika Pogba jadi calon kuat kapten Manchester United berikutnya.

5 of 6

2. David De Gea

Empat Pemain Selamatkan Mourinho
David De Gea selalu jadi andalan Manchester United di bawah mistar gawang. (AFP/Glyn Kirk)

David De Gea mungkin satu-satunya pemain di tim MU yang pantas memimpin di setiap pertandingan. Kiper asal Spanyol itu tampil fantastis musim ini.

Berbagai gelar juga telah diraih De Gea dengan seragam Manchester United. Dia menjadi incaran banyak klub besar, karena performa apiknya di bawah mistar gawang.

Dengan memberi De Gea ban kapten bisa jadi mengurangi hasratnya untuk meninggalkan Old Trafford. Penggemar Manchester United juga akan bangga jika De Gea menjadi kapten.

6 of 6

1. Ander Herrera

Ander Herrera
Gelandang Manchester United, Ander Herrera dicintai fans. (AFP/Cristof Stache)

Ander Herrera mendarat di Old Trafford pada musim panas 2014. Di lapangan, gelandang asal Spanyol ini bak binatang buas, tanpa kompromi menjegal lawan-lawannya.

Dia mencintai klub dan dicintai oleh pendukung Setan Merah. Sikap Ander Herrera mampu meningkatkan suasana hati rekan-rekan setim.

Kecerdasan di lapangan mendapat respek dari kawan maupun lawan. Ander Herrera juga bisa menularkan energinya ke tim dan sanggup pengatur ritme permainan. Itu sudah cukup menjadi syarat untuk menjadi kapten.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓