4 Bintang Manchester United yang Tak Masuk Rencana Masa Depan Ole Gunnar Solskjaer

Oleh Ario Yosia pada 09 Feb 2019, 11:30 WIB
Diperbarui 11 Feb 2019, 11:15 WIB
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.

Bola.com, Jakarta - Manchester United menjalani start yang buruk bersama Jose Mourinho pada musim 2018-2019 ini. Nakhoda asal Portugal itu pun akhirnya dipecat dan digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Solskjaer ternyata mampu mendongkrak performa Setan Merah secara signifikan. Mereka belum tersentuh kekalahan setelah meraih sembilan kemenangan dan satu hasil imbang.

Kebangkitan Setan Merah itu juga tidak terlepas dari penampilan cemerlang yang ditunjukkan pemain-pemain seperti Marcus Rashsford dan juga Paul Pogba. Mereka berdua bisa kembali menikmati sepak bola setelah ditangani oleh Solskjaer.

Terlepas dari peningkatan performa beberapa pemain, ada pemain lainnya yang sepertinya tidak bisa menemukan tempat di skuat Setan Merah. Mereka bahkan berpotensi untuk meninggalkan Old Trafford pada musim panas mendatang.

Berikut ini empat pemain Manchester United yang sudah tidak punya masa depan di bawah Ole Gunnar Solksjaer seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 5

Matteo Darmian

Kabar Transfer: MU Incar Kroos, Aubameyang ke Chelsea
Bek Manchester United, Matteo Darmian, membuang bola saat melawan Blackburn pada laga Piala FA di stadion Ewood Park, Blackburn, Minggu (19/2/2017). (AFP/Oli Scarff)

Matteo memulai karirnya dengan AC Milan sebelum namanya berkibar bersama Torino. Setelah menghabiskan empat musim di Torino, bek kanan asal Italia itu bergabung dengan Manchester United pada 2015 di bawah manajer Louis Van Gaal.

Ketika memulai kariernya di United, Darmian sepertinya bisa menjadi wakil yang sempurna untuk Antonio Valencia. Namun, Darmian ternyata tidak bisa mengimbangi kecepatan dan fisik di kompetisi Premier League sehingga kini harus puas menjadi penghangat bangku cadangan.

Darmian ingin meningggalkan United pada awal musim tetapi dilarang oleh Jose Mourinho karena saat itu skuat Setan Merah sedang dilanda krisis cedera. Bersama United, Darmian sudah memenangkan FA Cup, EFL Cup dan juga Liga Europa.

3 of 5

Antonio Valencia

Antonio Valencia
Bek Manchester United (MU) Antonio Valencia. (AFP/Oli Scarf)

Valencia sudah memberikan kontribusi yang besar untuk Manchester United sejak bergabung dari Wigan pada tahun 2009. Pemain Ekuador itu tampil luar biasa di bawah Sir Alex Ferguson sehingga sang pemain sempat mendapat kehormatan untuk mengenakan jersey nomor tujuh.

Namun, juara Premier League dua kali itu akhirnya kembali mengenakan nomor 25 setelah menjalani musim 2012-13 yang mengecewakan. Valencia kemudian dipercaya untuk mengenakan ban kapten dan bahkan Jose Mourinho menganggapnya sebagai bek kanan terbaik di dunia.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer tiba di klub, Valencia kesulitan masuk ke starting XI dan cedera semakin memperburuk kondisinya. Ada spekulasi dia akan pergi pada Januari, tetapi Valencia memutuskan tetap bertahan dan mungkin akan pindah ke tempat lain pada musim panas.

4 of 5

Juan Mata

Chelsea Vs Manchester United
Bek Chelsea, Azpilicueta, berebut bola dengan gelandang Manchester United, Juan Mata, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Matt Dunham)

Juan Mata adalah salah satu dari dua pemain yang direkrut David Moyes ke Manchester United. United membutuhkan pemain kreatif pada saat itu dan Mata dianggap sebagai solusi. Kombinasi Mata dengan Wayne Rooney sangat sempurna dan ia berperan penting dalam kesuksesan United meraih FA Cup di bawah Louis Van Gaal.

Setelah Jose Mourinho menjadi manajer United, karier Mata menjadi terancam. Mourinho tidak banyak memberi pemain asal Spanyol itu kesempatan bermain dan Mata sering berada di bangku cadangan.

Kemampuan Mata tidak perlu diragukan lagi tetapi sang pemain tidak bisa mendapat menit bermain rutin sehingga membuatnya masih enggan meneken kontrak baru. Keadaan Mata tidak berubah di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer dan sepertinya sang pemain memang harus meninggalkan klub untuk menjadi pemain utama.

5 of 5

Marcos Rojo

Marcos Rojo
Marcos Rojo melompati pemain Valencia (JOSE JORDAN / AFP)

Marcos Rojo bergabung dengan Manchester United dari Sporting CP pada 2014 dengan biaya transfer sebesar 16 juta pounds. Pemain Argentina itu memulai kariernya di United sebagai bek kiri tetapi kemudian pindah ke posisi bek tengah.

Rojo adalah pemain yang selalu memberikan kemampuan terbaiknya di atas lapangan dan tidak pernah ragu dalam melakukan tekel. Dia membentuk duet yang bagus dengan Phil Jones di bawah Jose Mourinho.

Namun, cedera membuat Rojo kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler. Ia terakhir kali bermain untuk Setan Merah saat melawan Valencia di Liga Champions, tetapi sejak itu, ia tidak pernah muncul lagi di atas lapangan. United ingin melakukan perubahan di lini belakang dan Rojo bisa diminta untuk meninggalkan klub pada musim panas.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Semifinal SEA Games 2019, Myanmar Vs Timnas Indonesia 2-4