Sukses


3 Kunci Keberhasilan Ole Gunnar Solskjaer Tangani Manchester United

- Ole Gunnar Solskjaer berhasil membuktikan kualitasnya sebagai calon manajer tetap di Manchester United. Ditunjuk sebagai manajer interim, Solskjaer sudah melewati 11 laga tanpa kekalahan.

Rincian torehan Manchester United bersama Solskjaer yaitu 10 kali menang dan satu kali imbang di semua kompetisi. Beberapa lawan berat juga sudah bisa ditaklukkan Setan Merah seperti saat menang 1-0 atas Tottenham.

Solskjaer sempat diragukan kemampuannya sebagai pengganti Jose Mourinho di Manchester United. Maklum, Solskjaer punya pengalaman gagal bersama Cardiff City.

Namun, semua keraguan itu seperti pupus saat ini.Solskjaer kembali mengangkat posisi Manchester United dari semula posisi 8 menjadi posisi 4 klasemen usai kemenangan 3-0 lawan Fulham.

Lalu apa saja formula Solskjaer dalam meramu kekuatan Manchester United? Berikut rinciannya seperti dikutip dari berbagai sumber:

2 dari 4 halaman

1. Beri Kebebasan kepada Pemain

Solskjaer paham saat dirinya menangani Manchester United, kondisi mental pemain sedang jeblok. Pemain bintang seperti Paul Pogba seperti terkekang permainannya selama Jose Mourinho memegang Manchester United.

Maka itu, hal pertama yang dilakukan Solskjaer di Manchester United yaitu memberikan kebebasan. Dia membiarkan pemainnya untuk memberi pendapat agar tren kemenangan bisa kembali.

"Saat dia datang, dia hanya berusaha untuk menyuntik kepercayaan diri kami. Dia bilang kami bisa mengalahkan siapapun," kata Juan Mata.

Ya, itu memang tampak di lapangan. Solskjaer sukses mengembalikkan kembali kepercayaan diri pemain Manchester United. Tanpa kepercayaan diri yang tinggi, Manchester United tentu sulit meraih 11 laga tanpa kekalahan.

3 dari 4 halaman

2. Bangkitkan Semangat Paul Pogba

Salah satu kunci paling penting dalam kebangkitan Manchester United yaitu Paul Pogba.Gelandang asal Prancis ini menjadi pemain paling berpengaruh atas kemenangan yang diraih Manchester United.

Lihat saja aksi Pogba saat Manchester United kalahkan Fulham 3-0. Dia mencetak dua gol penting yang menambah kepercayaan diri pemain. Tak jarang, dia juga memberikan assist penting.

Itu terlihat saat Manchester United menang tipis 1-0 atas Leicester City. Cukup sekali sentuhan, dia memberikan umpan ciamik kepada Marcus Rashford sehingga berbuah gol.

Ini sebuah kolaborasi apik yang membuat Pogba terlihat seperti yang dulu. 11 gol yang dicetaknya hingga pekan ke-26 merupakan jumlah gol terbaiknya di Liga Inggris bersama Manchester United.

4 dari 4 halaman

3. Tepat Meracik Pemain

Solskjaer seperti mewarisi kehebatan Sir Alex Ferguson saat meracik pemain. Lihat saja apa yang dilakukannya di tengah jadwal padat Manchester United.

Alih-alih memainkan Rashford saat melawan Fulham, manajer asal Norwegia itu lebih memilih untuk memaksimalkan Anthony Martial. Toh, Martial juga hebat dan itu dibuktikan lewat satu gol hasil solo run ke gawang Fulham.

Solskjaer sepertinya ingin menyimpan tenaga Rashford untuk laga lebih penting yaitu 16 besar Liga Champions melawan PSG dan juga lawan Liverpool di Liga Inggris.

Kejelian seperti ini berperan penting untuk kemenangan dan juga konsistensi Manchester United.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer