Sukses


Kiper Legendaris Inggris Tutup Usia

Bola.com, London - Mantan kiper timnas Inggris, Gordon Banks, meninggal pada Selasa (12/2/2019). Menurut pihak keluarga, Banks meninggal dalam tidurnya pada usia 81 tahun.

Kabar meninggalnya Banks disampaikan oleh Stoke City, klub yang ia bela selama enam tahun. Stoke City turut bersedih dengan kabar tersebut, namun mereka akan mengenang memori indah yang pernah dirajut bersama Banks.

"Kami ingin menyampaikan kabar duka city yang didapat dari keluarga Gordon Banks. Gordon telah meninggal dunia dalam tidurnya. Ia meninggal secara damai," tulis pernyataan resmi Stoke City.

"Kami merasa sangat kehilangan, namun kami memiliki banyak kenangan bahagia berrsama Banks. Kami bangga pernah menjadi klub yang diperkuat oleh Banks."

Gordon Banks bermain untuk Chesterfield dan Leicester City sebelum bergabung dengan Stoke pada 1967. Ia melejitkan namanya ketika masih membela Leicester City pada periode 1959-1967.

Banks merupakan kiper timnas Inggris pada Piala Dunia 1966. Ia mengantarkan negaranya menjadi juara dunia pada tahun tersebut. Menjadi juara Piala Dunia menjadi prestasi terbaik Banks selama menjalani karier sebagai pesepak bola.

Di level klub, Gordon Banks pernah mengantarkan Leicester City dan Stoke City menjadi juara Piala Liga. Banks mencatatkan 73 penampilan bersama timnas Inggris.

Ia disebut sebagai satu di antara kiper terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Gordon Banks menjadi inspirasi bagi kiper-kiper Inggris generasi berikutnya.

Sumber: talkSPORT

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer