5 Pemain Termuda Manchester United yang Melakukan Debut di Premier League

Oleh Aditya Wicaksono pada 05 Mar 2019, 18:00 WIB
Marcus Rashford

Bola.com - Manchester United menjadi satu di antara klub dunia yang memiliki akademi sepak bola bagus. Tak heran jika klub tersebut kerap menghasilkan pemain muda berbakat.

Sejak masih ditangani Sir Alex Ferguson, Manchester United kerap mengorbitkan pemain muda. Sejauh ini, kelas 1992 masih menjadi yang produk terbaik dari akademi Manchester United.

Saat itu, Ferguson mempromosikan sejumlah pemain andal, yaitu Nicky Butt, Paul Scholes, David Beckham, Ryan Giggs dan Neville bersaudara. Sempat vakum mempromosikan pemain muda seiring kesuksesan klub, kini Manchester United kembali menggalakan tradisi untuk memberikan kesempatan kepada para pemain binaan akademi.

Louis van Gaal sempat menjadi manajer yang banyak memberikan kesempatan kepada para pemain muda berbakat. Dua nama yang paling meroket adalah Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

Rashford dan Lingard sudah menjadi bagian dari skuat utama Manchester United pada saat ini. Selain itu, keduanya juga menjadi andalan di timnas Inggris.

Pada akhir Februari lalu, Ole Gunnar Solskjaer yang menjadi caretaker Manchester United tak ketinggalkan mengorbitkan pemain muda. Pemain tersebut adalah James Garner.

Namun, Garner bukanlah pemain termuda yang yang melakukan laga debutnya bersama Manchester United di Premier League.

Berikut ini adalah lima pemain termuda yang melakoni laga debut di Premier League bersama Manchester United:

2 of 6

5. Danny Welbeck Vs Stoke City (15/11/2008) - 17 tahun 354 hari

Pesepak Bola yang Pernah Membela Manchester United dan Arsenal
1. Danny Welbeck – Salah satu pemain didikan Man United. Welbeck menembus skuat utama Man United sepuluh tahun silam. (AFP/Francisco Leong)

Danny Welbeck merupakan hasil didikan akademi Manchester United. Ia bergabung pada 2001 dan menembus skuat utama The Red Devils pada 2008.

Ferguson memberikan kesempatan kepada Welbeck untuk menjalani debut Premier League pada November 2011. Saat itu, Manchester United menaklukkan Stoke City dengan skor 5-0.

Welbeck masuk menggantikan Park Ji-sung pada menit ke-63. Tidak hanya memainkan laga debut, Welbeck ikut menyumbang gol pada pertandingan tersebut.

Saat ini, Welbeck membela Arsenal dan kariernya kerap diganggu cedera.

3 of 6

4. James Garner Vs Crystal Palace (27/2/2019) - 17 tahun 350 hari

James Garner
James Garner. (dok. Manchester United FC)

James Garner menjadi pemain terakhir yang melakoni laga debut di Premier League bersama Manchester United. Ia masuk menggantikan Fred pada pengujung laga.

Walaupun tak memberikan banyak kontribusi, Garner turut menutup laga tersebut dengan hasil positif setelah Manchester United menang dengan skor 3-1.

4 of 6

3. Nicky Butt Vs Oldham Athletic (21/11/1992) - 17 tahun 350 hari

Nicky Butt
Pelatih Manchester United Yunior Nicky Butt memuji performa Marcus Rashford bersama tim utama Manchester United. (Liputan6.com/manchestereveningnews.co.uk)

Nicky Butt merupakan bagian dari kelas 1992. Ia menjalani laga debut di Premier League bersama Manchester United ketika menghadapi Oldham Athletic pada 21 November 1992.

Nicky Butt masuk menggantikan Paul Ince pada menit ke-65. Manchester Uniter mengalahkan Oldham dengan skor 3-0 berkat gol yang dicetak Brian McClair (2 gol) dan Mark Hughes.

Saat ini, Butt merupakan kepala pelatih untuk akademi Manchester United.

5 of 6

2. Federico Macheda Vs Aston Villa (5/4/2009) - 17 tahun 226 hari

Macheda dan Giggs (© AFP 2009)
Federico Macheda. (AFP/Andrew Yates)

Federico Macheda menjadi pemain Manchester United yang tidak pernah memenuhi ekspektasi. Ia merupakan striker yang sempat diprediksi menjadi bintang besar.

Federico Macheda masuk pada menit ke-61 untuk menggantikan Luis Nani. Tanpa disangka, Macheda yang saat itu masih berusia 17 tahun menjadi pahlawan kemenangan The Red Devils.

Gol Macheda pada menit-menit akhir pertandingan membuat Manchester United menang dengan skor 3-2 atas Aston Villa. Saat ini, Macheda masih aktif bermain, ia berkarier di Yunani bersama Panathinaikos.

6 of 6

1. Angel Gomes Vs Crystal Palace (21/5/2017) - 17 tahun 226 hari

Angel Gomes
Gelandang serang Manchester United U-18, Angel Gomes, dikabarkan Daily Mail pada Senin (17/10/2016), menjadi incaran dari Barcelona. (www.redcityofficial.com)

Angel Gomes masih diharapkan bisa menjadi bintang masa depan klub. Ia tercatat sebagai paling muda (bersama Federico Macheda) yang menjalani laga debut Premier League bersama Manchester United.

Gomes masuk pada menit ke-88 untuk menggantikan Wayne Rooney pada laga melawan Crystal Palace. Gomes disebut menunjukkan performa yang menjanjikan dalam kesempatan singkat tersebut.

Manchester United meraih kemenangan dengan skor 2-0 berkat gol yang dicetak Josh Harrop dan Paul Pogba.

Lanjutkan Membaca ↓