Sukses


6 Pemain Terhebat yang Pernah Dimiliki Arsenal

Bola.com, Jakarta - Arsenal merupakan salah satu klub besar di Inggris sebuah fakta yang terbantahkan. Bersama Manchester United, Liverpool, The Gunner merupakan klub pengoleksi gelar Liga Inggris terbanyak.

Sejak berdiri 1886 bermarkas di Highbury dan kini pindah ke Emirates Stadium, ​Arsenal telah berhasil melahirkan pemain-pemain hebat.

Walau begitu, kita akan kesulitan jika harus menyebutkan ratusan pemain-pemain dari berbagai era yang pernah memperkuat The Gunners dengan kesuksesannya yang berbeda-beda.

Situs 90min memilih lima pemain terhebat yang pernah dimiliki Arsenal sepanjang masa. Siapa-siapa saja mereka?

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 7 halaman

David Seaman

Menjadi kiper termahal di Inggris saat didatangkan ​Arsenal  dengan mahar 1,3 juta pound dari Queens Park Rangers pada tahun 1990 silam, David Seaman selalu konsisten menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang selama 13 musim.

Selama memperkuat tim asal London Utara tersebut, Seaman juga bisa meraih lima trofi berbeda yaitu ​Premier League, FA Cup, League Cup, Charity Shield/Community Shield, European Cup Winners' Cup.

3 dari 7 halaman

Tony Adams

Selain sering dianggap sebagai salah satu kapten tersukses ​Arsenal, Tony Adams juga mempunyai loyalitas tinggi terhadap Meriam London. Sebab, sepanjang kariernya di sepakbola Adams hanya memperkuat satu tim saja yaitu, Arsenal.

Adams yang dikenal sebagai salah satu bek tangguh tersebut, berhasil mencatatkan 669 laga di semua kompetisi, dan berhasil membawa The Gunners menjuarai ​Premier League, FA Cup, League Cup hingga European Cup/Winners Cup.

4 dari 7 halaman

Thierry Henry

​Arsenal harus berterima kasih kepada mantan pelatihnya, Arsene Wenger yang memutuskan mendatangkan Thierry Henry di musim 1999-2000 dari Juventus. Sempat diragukan takkan mampu beradaptasi dengan gaya permainan sepakbola Inggris, Henry nyatanya langsung bertransformasi menjadi penyerang haus gol.

Delapan musim memperkuat The Gunners, Henry mampu membuktikan ketajamannya dengan mencatatkan 226 gol dari 369 laga yang dilakoninya. Catatan itu, membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal.

5 dari 7 halaman

Dennis Bergkamp

Gagal bersinar bersama Inter Milan, membuat Dennis Bergkamp memutuskan untuk merintis kariernya di Inggris dengan bergabung ke Arsenal  di tahun 1995.

Bersama The Gunners, Bergkamp nyatanya bisa menemukan kembali performa terbaiknya. 11 musim membela Meriam London, pemain berpaspor Belanda itu bisa menjadi sosok menakutkan bagi lini pertahanan lawan lantaran bisa mencatatkan 120 gol dari 423 laga yang dilakoninya.

Dari segi individu, Bergkamp juga berhasil mendulang kesuksesan dengan meraih FWA Footballer of the Year dan PFA Players' Player of the Year.

6 dari 7 halaman

Ian Wright

Tampil memukau bersama Crystal Palace di medio 1985 sampai 1991, akhirnya membuat ​Arsenal memutuskan untuk mendatangkannya pada deadline day bursa transfer musim panas 1991, dengan harga transfer 2,5 juta pound.

Mendatangkan Wright ternyata menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah diambil oleh Arsene Wenger. Pria yang kini berusia 55 tahun itu, selalu bisa menjadi andalan The Gunners dalam persoalan mencetak gol ke gawang lawan.

Tujuh musim berada di kota London Utara, total Wright berhasil bermain sebanyak 288 laga dan mampu mencetak 185 gol.

7 dari 7 halaman

Patrick Vieira

Publik sempat meragukan kualitas dari Patrick Vieira saat didatangkan ​Arsenal di tahun 1996, mengingat kala masih berseragam AC Milan dirinya tak mampu menampilkan performa terbaiknya secara maksimal.

Meski begitu, performa Vieira bersama The Gunners mengalami peningkatan pesat dengan mampu menunjukkan performa konsistensi. Dirinya berhasil menjadi penyeimbang permainan dengan baik, karena sering terlihat menghentikan serangan yang tengah dibangun oleh tim lawan.

Sembilan musim memperkuat Arsenal, pemain asal Prancis ini berhasil mencatatkan 34 gol serta 28 assist dari 386 laga yang dilakoninya.

Sumber: 90min

Video Populer

Foto Populer