Gol Roberto Firmino Membuat Liverpool Menang atas Spurs pada Babak Pertama

Oleh Nurfahmi Budi pada 31 Mar 2019, 23:34 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 05:35 WIB
Liverpool Roberto Firmino

Bola.com, Jakarta - Liverpool unggul 1-0 atas Tottenham Hotspur pada babak pertama, melalui gol Roberto Firmino pada menit ke-16. Hasil tersebut membuat Liverpool membawa modal bagus agar bisa menekuk sang pesaing.

Pada laga lanjutan Premier League 2018-2019 tersebut, Liverpool tampil agresif sejak awal. Kewajiba menuai tiga angka membuat armada Jurgen Klopp 'menginjak gas pol'. Hasil langsung terlihat pada menit ke-16, saat Firmino menjebol jala Hugo Lloris, setelah memanfaatkan umpan bek kiri, Andy Robertson.

Bagi Andy Robertson, assist ke arah Firmino menjadi yang ke-9 sepanjang musim ini. Ia hanya kalah dari Andy Hinchliffe (1994 - 1995) dan Leighton Baines (2010 - 2011), untuk urusan koleksi assists.

Pada sisi lain, keunggulan Liverpool pada babak pertama membuka kans bagi mereka untuk menjaga tradisi. Yup, Liverpool hanya kalah sekali pada 24 laga kontra Tottenham Hotspur di Anfield. Kekalaha terakhir terjadi pada Mei 2011, saat armada Kenny Dalglish takluk 0-2.

Pada pertandingan malam ini, Liverpool menggunakan pola 4-33. Kiper Alisson dibentengi kuartet Virgil van Dijk, Joël Matip, Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold. Lini tengah digawangi Jordan Henderson, James Milner dan Georginio Wijnaldum. Trio lini depan berisi Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Sementara itu, Tottenham Hotspur datang ke Anfield dengan pola dasar 3-1-4-2. Kiper Hugo Lloris mendapat penjagaan dari Jan Vertonghen, Toby Alderweireld dan Davinson Sánchez. Moussa Sissoko menjadi gelandang jangkar guna menyokong Dele Alli, Christian Eriksen dan Danny Rose. Area depan diisi Kieran Trippier serta Lucas Moura, yang mendukung Harry Kane.