Sukses


4 Kartu Merah untuk Manchester United, Mike Dean Jadi Wasit Paling Royal

Jakarta - Sosok Mike Dean menjadi atensi, tadi malam. Hal itu terjadi setelah ia mencetak sejarah ketika memimpin duel Wolverhampton Wanderers kontra Manchester United, di Molineux.

Dia menjadi wasit pertama yang mengeluarkan 100 kartu merah pada era Premier League. Kapten Manchester UnitedAshley Young, mendapat 'kehormatan' tersebut. Dean mengusirnya karena akumulasi. Setelah memberinya kartu kuning pertama ('52), dia mengeluarkan eks pemain Aston Villa itu karena menjegal Diogo Jota ('57) tidak lama berselang.

"Saya kira keputusannya terlalu lunak. Namun itulah sepak bola modern. Mengecewakan karena Young hanya melakukan dua pelanggaran," kata eks gelandang Manchester United, Darren Fletcher, dilansir Daily Mail.

Young menjadi pemain ke-10 yang diusir Dean pada musim ini. Pengadil berusia 50 tahun itu mencapai tiga dijit setelah memimpin 477 pertandingan.

2 dari 2 halaman

Royal Kartu

Bekerja sejak 2000, Dean tergolong royal karena memimpin hampir 50 persen atas koleganya pada kategori ini. Tercatat Phil Dowd dan Mike Riley bertengger di posisi dua dengan sama-sama mengeluarkan 67 pemain. Sementara di kalangan wasit yang masih aktif, Martin Atkinson merupakan rival terdekat Dean lewat 58 kartu merah.

Penggawa Newcastle United Nolberto Solano merupakan pemain pertama yang diusir Dean. Peristiwa terjadi pada laga melawan Ipswich Town, 14 April 2001. Sedangkan Young merupakan pemain MU keempat yang dikeluarkan Dean. Dia mengikuti jejak Rafael da Silva, Juan Mata, dan Nemanja Matic.

Video Populer

Foto Populer