Data dan Fakta Menarik Jelang Duel Sengit Liverpool Vs Chelsea

Oleh Rizki Hidayat pada 13 Apr 2019, 07:45 WIB
FOTO: Gol Olivier Giroud Antar Chelsea Bungkam Liverpool

Bola.com, Liverpool - Liverpool akan menghadapi Chelsea dalam laga pekan ke-34 Premier League, di Stadion Anfield, Minggu (14/4/2019). The Reds bertekad mendulang tiga poin penuh demi mempertahankan puncak klasemen.

Saat ini, Liverpool mendulang 82 poin hasil dari 33 pertandingan. Mereka unggul dua angka atas Manchester City yang berada di urutan kedua, namun baru menjalani 32 laga.

Dengan torehan tersebut, City yang masih mengantongi satu laga, diprediksi bakal menggusur skuat Si Merah dari posisi teratas. Namun, Liverpool diyakini tak akan membiarkan hal tersebut terjadi.

The Reds bertekad meraih tiga poin penuh dalam lima pertandingan tersisa, termasuk ketika bersua Chelsea. Kans Liverpool membungkam The Blues terbilang besar.

Pasalnya, klub asuhan Jurgen Klopp itu belum menelan kekalahan dalam 17 laga terakhir di Stadion Anfield, dengan rincian 14 kemenangan dan tiga hasil imbang. Selain itu, Liverpool juga menyapu bersih kemenangan dalam enam pertandingan sebelumnya di seluruh ajang.

Akan tetapi, Chelsea tak begitu saja mudah untuk dikalahkan. The Blues berhasil memetik tiga kemenangan beruntun di semua ajang, yakni kontra Cardiff City (2-1), Brighton (3-0), dan West Ham United (2-0).

Selain itu, Chelsea juga merengkuh dua kemenangan dan tiga hasil imbang dari lima pertemuan terakhir melawan Liverpool. Bahkan, dalam lawatan terakhir ke Stadion Anfield, skuat London Biru menang 2-1 atas The Reds.

Bagi Chelsea, kemenangan atas Liverpool merupakan hal penting demi menjaga kans finis di posisi empat besar klasemen akhir Premier League. Saat ini, The Blues menghuni posisi tiga dengan nilai 66, unggul dua poin atas Tottenham Hotspur di urutan keempat.

Berikut ini adalah data dan fakta jelang Liverpool versus Chelsea:

Head to head kedua tim:

1. Liverpool tidak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir Premier League dan Piala Liga Inggris melawan Chelsea (3 menang; 2 imbang).

2. The Blues tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir di Anfield dalam semua kompetisi (3 imbang; 5 kalah). Terakhir kali mereka kalah di markas Liverpool terjadi pada Mei 2012, yakni takluk 1-4.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

 

2 of 3

Data dan fakta Liverpool

Gol Giroud Menangkan Chelsea Atas Liverpool
Bek Chelsea, Marcos Alonso berusaha menghalau bola kejaran pemain Liverpool Nathaniel Clyne selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge di London (6/5). Chelsea menang tipis atas Liverpool 1-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

1. Liverpool meraih tiga kemenangan dan sekali imbang, dari empat pertandingan kandang melawan klub posis enam besar klasemen Premier League musim ini. Mereka meraih empat kemenangan dari sembilan pertandingan liga di kandang dan tandang.

2. The Reds juga tak terkalahkan dalam 17 pertandingan Premier League terakhir di Anfield melawan klub di posisi enam besar (9 menang; 8 imbang).

3. Liverpool tak terkalahkan dalam 37 pertandingan kandang terakhir di Premier League (27 menang; 10 imbang). Itu adalah rentetan terpanjang kedua dalam sejarah Premier League.

4. Meskipun memiliki rekor pertahanan terbaik di Premier League, Liverpool kembali mendapatkan 16 poin dari kehilangan posisi, lebih banyak dibandingkan klub Premier League lainnya musim ini.

5. The Reds telah mencetak 21 gol dalam 15 menit terakhir pertandingan Premier League musim ini. Itu adalah angka tertinggi di liga utama (Chelsea berada di urutan kedua dengan 19 gol).

3 of 3

Data dan fakta Chelsea

FOTO: Daniel Sturridge Selamatkan Liverpool dari Kekalahan di Kandang Chelsea
Gelandang Chelsea, Eden Hazard, bersalaman dengan bek Liverpool, Virgil Van Dijk, usai laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (29/9/2018). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

1. Chelsea telah mencatat tiga kemenangan berturut-turut di Premier League untuk pertama kalinya, sejak memenangkan lima pertandingan pertama di bawah asuhan Maurizio Sarri.

2. The Blues menelan kekalahan dalam lima laga tandang terakhir melawan klub-klub dari posisi enam besar di klasemen Premier League. Mereka juga kebobolan 14 gol.

3. Chelsea juga menelan lima kekalahan dari enam pertandingan tandang terakhir pada musim ini melawan klub-klub yang berada di papan atas. Satu-satunya kemenangan tersebut didapat ketika bersua Watford pada Boxing Day.

4. Chelsea adalah satu-satunya klub yang pemainnya belum diganjar kartu merah di Premier League musim ini. Terakhir kali pemain The Blues yang mendapatkan kartu merah adalah Tiemoue Bakayoko, dalam laga melawan Watford pada Februari 2018.

5. Eden Hazard terlibat langsung dalam 28 gol Chelsea di Premier League musim ini (16 gol dan 12 assist). Jumlah itu lebih banyak dibandingkan pemain lain sebelum laga terakhir.

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓