Sukses


Chris Smalling dan Gaya Hidup Vegetarian di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Bek Manchester United, Chris Smalling, rupanya seorang vegetarian. Ia menjadi vegan sejak 2017. Selain itu, ia juga tak senang mengenakan sepatu sepak bola dari kulit, atau bahkan memainkan bola dari kulit.

Sejak 2017, Chris Smalling jadi vegetarian penuh. Ia sama sekali tak mengonsumsi daging merah, ayam, ikan, dan telur.

Smalling menuturkan gaya hidup vegan ini sangat membantunya dalam proses penyembuhan cedera tendon di lututnya.

Meski begitu, dalam kesehariannya ia terpaksa harus kompromi terhadap beberapa hal yang bertentangan dengan kebiasaannya, terutama berkaitan dengan sepak bola.

"Saya sudah berhenti membeli produk kulit. Tapi, saya masih harus menendang bola yang terbuat dari kulit, cuma, itu bukan pilihan saya," ujarnya.

"Suatu saat nanti, mungkin ada opsi lain. Nike sedang mengerjakan pembuatan sepatu yang bukan dari kulit," lanjut pemain 29 tahun itu.

Tak berhenti sampai di situ, Smalling dan istrinya, Sam, bekerja sama dalam penulisan sebuah buku tentang gaya hidup vegan keduanya termasuk di dalamnya mengungkap program menu yang biasa mereka santap, resep-resep masakan vegan. Buku ini baru akan terbit dalam tahun ini.

Chris Smalling juga mengungkap, di markas Manchester United di Carrington, ada sajian makanan vegan yang jadi hit. Menu itu adalah baso vegan.

"Rupanya ada banyak juga yang vegan di markas tim. Sementara yang tidak vegan, banyak juga yang suka makan khusus vegan, seperti baso vegan dan semacamnya," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Hal Positif

Pemain internasional Inggris ini membeberkan ia memiliki banyak perubahan positif dengan jadi vegetarian.

"Saya terbiasa bermain dua kali dalam seminggu, pada hari kedua setelah pertandingan, saya bisanya capek. Tapi, setelah saya jadi vegan, saya pulih dengan cepat," tuturnya.

"Pemijat saya juga bilang otot-otot saya juga pulih dengan lebih baik. Saya jadi dapat banyak pertanyaan dari teman-teman satu tim tentang itu," imbuhnya.

Dampaknya, Chris Smalling mengatakan ada beberapa dari mereka yang kini mengurangi porsi makan daging serta hanya mengonsumi ikan. Beberapa di antaranya juga mulai membaca bagaimana jadi seorang vegan.

"Di sesi makan siang, sekarang menu vegetarian cepat lebih habis ketimbang ayam. Ada banyak sumber protein buat vegan, ada tahu, buncis, tempe, biji-bijian, dan kacang panjang," ucapnya.

Sumber: Mirror

Video Populer

Foto Populer