6 Pemain Chelsea yang Bakal Angkat Kaki pada Musim Depan

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Apr 2019, 10:00 WIB
Klub dengan Skuat Termahal di Premier League

Bola.com, Jakarta - Chelsea tampil kurang konsisten pada musim ini dan kesulitan menembus posisi empat besar klasemen Premier League. Manajemen The Blues pun bakal melakukan perombakan pada musim panas tahun ini.

Tahun pertama Maurizio Sarri bersama ​Chelsea bisa dikatakan tak mulus. Manajer asal Italia itu gagal membuat skuat London Biru kompetitif dalam persaingan juara.

Chelsea harus puas berada dalam lingkar persaingan big four. Satu-satunya kebanggaan yang diraih adalah ​The Blues selangkah lagi lolos ke semifinal Liga Europa.

Jika masih mendapat mandat menjadi manajer Chelsea, hampir dipastikan Sarri akan melakukan peremajaan skuat.

Ada enam pemain yang harus mempertimbangkan untuk segera meninggalkan Chelsea. Entah karena mereka jarang dimainkan, karier stagnan, atau memerlukan tantangan baru.

Berikut ini adalah enam pemain Chelsea yang bakal angkat dari Stamford Bridge pada awal musim depan:

 

 

2 of 7

Danny Drinkwater

Manchester United Menang Atas Chelsea
Pemain Chelsea, Danny Drinkwater McTominay berebut bola dengan pemain Manchester United, Paul Pogba pada laga pekan ke-28 Premier League, di Old Trafford, Minggu (25/2). Manchester United menundukan tamunya Chelsea 2-1. (AP/Rui Vieira)

Chelsea memang dikenal sebagai klub yang cenderung lamban menambah kekuatan skuatnya di ​bursa transfer, hal ini juga terjadi sata mereka secara tak terduga mendatangkan Danny Drinkwater dari Leicester City di musim panas 2017.

Meski sukses mengantarkan​ The Blues menjuarai FA Cup di musim perdananya, kini Drinkwater sama sekali tidak menjadi pilihan utama Maurizio Sarri.

Bahkan manajer asal Italia itu juga sudah beberapa kali menegaskan bahwa pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tidak masuk dalam skema yang dia terapkan sekaligus membuka pintu keluar lebar-lebar dan mempersilahkannya hengkang Januari silam.

Setelah sempat menolak hengkang, kali ini sepertinya Drinkwater harus segera angkat kaki dari Stamford Bridge. Pemain yang sempat membela ​Manchester United itu pun masih menarik minat salah satu klub ​Premier League, Bournemouth.

3 of 7

Gary Cahill

Kalahkan MU, Chelsea Raih Juara Piala FA
Bek Chelsea, Gary Cahill mengangkat trofi Piala FA usai pertandingan melawan Manchester United pada babak final Piala FA di stadion Wembley di London (19/5). Chelsea mengalahkan MU 1-0. (AP Photo / Tim Ireland)

Gary Cahill mulai bergabung dengan ​Chelsea di tahun 2012, dia didatangkan dari Bolton Wanderers dengan nilai transfer yang sangat terjangkau, delapan juta poundsterling.

Menjadi salah satu bek tertangguh yang dimiliki ​The Blues dan sukses mempersembahkan tujuh trofi bergengsi, termasuk di antaranya dua trofi​ Premier League dan juga dua gelar Eropa, ​Champions League serta Europa League.

Sayang, keberuntungan nampaknya tidak berpihak pada Cahill pasca Chelsea bermain di bawah arahan Maurizio Sarri. Meski berstatus sebagai kapten tim, pria asal Inggris itu langsung terpinggirkan karena Sarri lebih suka menempatkan David Luiz dan Antonio Rudiger.

Sementara itu, di bangku cadangan masih ada Andreas Christensen. Usia Cahill yang sudah menginjak 33 tahun pun membuanya akan sulit untuk kembali merebut satu posisi di lini pertahanan ​Chelsea.

4 of 7

Davide Zappacosta

Liga Champions-Chelsea-AS Roma
Bek Chelsea, Davide Zappacosta mengiring bola saat mengikuti sesi latihan di London, Inggris (17/10). Chelsea akan bertanding melawan wakil Italia, AS Roma pada grup C Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Davide Zappacosta menjadi 'panic buying' ​Chelsea pada 2017. Dia dibeli dari Torino dengan harga yang diperkirakan mencapai 25 juta euro.

Menempati posisi bek kanan, saat ​The Blues dilatih Antonio Conte, pemain asal Italia ini juga hanya menjadi pelapis dan lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan.

Hal yang sama juga terjadi pada era kepelatihan Sarri. Pemain kelahiran Sora, Italia itu baru tampil dalam tiga laga ​Premier League.

Meski masih terikat kontrak hingga tahun 2021, Zappacosta sepertinya sudah harus segera meninggalkan Stamford Bridge. Selain posisi bek kanan kini masih ditempati Cesar Azpilicueta, musim depan pihak klub juga sudah berencana untuk mempromosikan Reece James ke skuat utama.

5 of 7

David Luiz

Chelsea Taklukan Watford
Ekspresi David Luiz saat Chelsea memastikan kemenangan pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Vicarage Road, Watford, Rabu (24/12). Pasukan Maurizio Sarri menang 2-1 atas Watford. (AFP/AP)

Kedatangan Maurizio Sarri nampaknya memang menjadi berkah tersendiri bagi David Luiz. Dia kembali ke starting XI dan hampir selalu menjadi pilihan utama di setiap pertandingan.

Meski menjadi pilihan utama, tak jarang mantan pemain Paris Saint-Germain itu melakukan blunder atau kesalahan mendasar yang menyebabkan timnya kebobolan atau bahkan gagal memetik poin penuh.

Luiz sepertinya harus bergerak cepat untuk hengkang dari ​Chelsea. Selain telah berusia 32 tahun, pemain asal Brasil tersebut juga belum mendapatkan tawaran kontrak baru dari ​The Blues.

Tak berhenti sampai di sana, Maurizio Sarri juga masih memiliki Andreas Christensen yang terlihat lebih tenang dan disiplin saat menjalankan tugasnya di lini pertahanan.

6 of 7

Willian

Kebangkitan 5 Pemain Chelsea
Dibawah arahan Sarri, Willian seperti terlahir kembali. Pos gelandang serang kembali ia isi dan saat ini mampu mencetak dua gol dan dua assist. (AFP/Glyn Kirk)

Willian mulai bergabung dengan​ Chelsea pada 2013. Dalam dua tahun awal, pemain asal Brasil itu memang menampilkan performa yang cukup baik dan bisa menjadi solusi di lini depan. 

Namun seiring berjalan waktu, performanya terus mengalami penurunan dan bahkan kerap mengecewakan. Kini pada musim 2018-2019, Willian memang cukup diandalkan. 

Akan tetapi, dalam 48 pertandingan yang sudah dijalani, pemain berusia 30 tahun itu baru mencetak delapan gol. Statistik ini pun sepertinya cukup menguatkan anggapan bahwa​ The Blues memerlukan sosok penyerang sayap anyar.

Hengkang ke klub lain sepertinya sudah harus dipikirkan Willian. Apalagi, dia juga masih memiliki peminat, satu di antaranya adalah ​Barcelona. ​Chelsea pun sudah terlebih dulu menyiapkan suksesornya, yakni Christian Pulisic yang dibeli dari ​Borussia Dortmund.

7 of 7

Eden Hazard

Top Scorer Premier League
6. Eden Hazard (Chelsea) - 12 gol dan 11 assist (AFP/Ian Kington)

Sejak memutuskan bergabung dengan ​Chelsea pada 2012, Eden Hazard memang menjadi sosok tak tergantikan di lini depan. Total, pemain asal Belgia itu sudah mencetak 106 gol di seluruh kompetisi dan juga menjadi satu di antara top skorer sepanjang masa klub.

Sejumlah trofi bergengsi juga sudah dia persembahkan, antara lain dua ​Premier League, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa. 

Sayang, konsistensi yang diperlihatkan ​Hazard tak dibarengi dengan rekan-rekan setimnya, bahkan jika boleh berkata jujur, ​The Blues terlihat terlalu bergantung kepada mantan pemain Lille tersebut. Tak jarang, jika ​Hazard absen, performa​ Chelsea juga ikut menurun.

Kini, pada musim 2018-2019, pemain asal Belgia tersebut memang tengah berada di puncak karier. Bersama​ Chelsea, ​Hazard sudah mengoleksi 16 gol dan 12 assist.

Namun, sepertinya pada akhir musim nanti adalah waktu yang tepat baginya untuk hengkang dari Stamford Bridge. Apalagi, kontraknya hanya tersisa satu musim dan jadi incaran utama ​Real Madrid.

Berpeluang bermain di bawah arahan pemain idolanya, Zinedine Zidane,​ Hazard pun bisa menasbihkan diri sebagai satu di antara pemain terbaik di dunia sekaligus memenangkan trofi yang sudah menjadi targetnya sejak lama, ​Liga Champions.

Sumber: Bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Lanjutkan Membaca ↓