Data dan Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City Vs Tottenham Hotspur

Oleh Rizki Hidayat pada 20 Apr 2019, 14:36 WIB
Manchester City Vs Tottenham Hotspur

Bola.com, Manchester - Manchester City akan menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Etihad pada laga pekan ke-35 Premier League, Sabtu (20/4/2019). City bertekad membalas dendam setelah disingkirkan Tottenham dari Liga Champions.

The Citizens meraih kemenangan 4-3 atas The Lilywhites dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions, di Stadion Etihad, 17 April 2019. Meski menang, Man City tetap gagal lolos ke semifinal turnamen elite antarklub Eropa tersebut.

Kendati agregat 4-4, mereka kalah agresivitas gol tandang dari Tottenham Hotspur. Pada pertemuan pertama di Tottenham Hotspur Stadium, 9 April 2019, Man City menyerah dengan skor 0-1.

Oleh karena itu, City berambisi membalaskan dendam tersebut. Kemenangan juga akan membuat Manchester City kembali bercokol di puncak klasemen sementara Premier League.

Saat ini, Man City berada di tempat kedua klasemen dengan nilai 83 hasil dari 33 pertandingan. Mereka tertinggal dua poin dari Liverpool yang berada di posisi teratas, namun sudah menjalani 34 laga.

"Menurut saya, pertandingan melawan Spurs akan sama kuatnya dengan hari yang lain," ujar manajer Manchester City, Pep Guardiola.

"Jika Anda percaya itu tidak sakit (tersingkir dari Liga Champions), Anda salah, tetapi kami harus hidup dengan itu. Kami gagal, tetapi saya sangat bangga. Performa yang kami lakukan luar biasa," lanjutnya.

Meski begitu, Tottenham Hotspur harus tetap diwaspadai. Apalagi, winger Tottenham, Son Heung-min, bakal menjadi momok karena mendulang tiga gol dari dua pertandingan melawan City.

"Kami tidak punya waktu untuk menikmati dan harus melupakan Liga Champions, dan mencoba untuk siap menghadapi laga pada Sabtu (melawan Manchester City), karena itu akan menjadi pertempuran," ucap manajer Tottenham, Mauricio Pochettino.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

 

2 of 4

Head to head

Manchester City Vs Tottenham Hotspur
Premier League Manchester City Vs Tottenham Hotspur (Bola.com/Adreanus Titus)

1. Manchester City tengah berupaya untuk menyamai rekor mereka sendiri, untuk meraih empat kemenangan secara beruntun atas Tottenham Hotspur di liga.

2. Tottenham menelan kekalahan dalam tujuh dari sembilan lawatan terakhir ke Stadion Etihad di semua kompetisi.

3. Pada periode tersebut, Spurs juga kebobolan 27 gol. Satu-satunya kemenangan yang Tottenham dapatkan dari sembilan lawatan terakhir ke Stadion Etihad adalah di Premier League, Februari 2016.

3 of 4

Fakta menarik Manchester City:

Manchester City Vs Tottenham Hotspur
Striker Manchester City, Raheem Sterling, melakukan selebrasi usai membobol gawang Tottenham Hotspur pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (17/4). Manchester City menang 4-3 atas Tottenham Hotspur. (AP/Dave Thompson)

1. Torehan sembilan kemenangan beruntun yang didapatkan Manchester City di Premier League musim ini adalah yang terbaik, dibandingkan dengan klub manapun.

2. Klub asuhan Pep Guardiola itu telah meraih 24 kemenangan dari 26 pertandingan terakhir di liga dan ajang piala, termasuk menang lewat adu penalti pada final Piala Liga Inggris.

3. Man City membutuhkan dua gol lagi di semua kompetisi untuk menyamai torehan 156 gol oleh klub papan atas dalam satu musim. Torehan serupa juga diukir Manchester City pada musim 2013-2014.

4. Manchester City telah meraih 19 poin yang tak tertandingi pada musim ini melawan enam rival papan atas. Liverpool telah mengumpulkan lebih banyak poin, tetapi memainkan satu laga lebih banyak.

5. Man City meraih delapan kemenangan dari sembilan pertandingan kandang terakhir di Premier League, melawan enam klub papan atas musim ini.

6. Sergio Aguero sudah enam kali menghadapi Tottenham Hotspur di Premier League dan gagal mencetak gol.

7. Sergio Aguero membutuhkan satu gol lagi untuk menjadi pemain kedua yang mencetak 20 gol di Premier League dalam lima musim secara berturut-turut. Dia menyamai catatan Thierry Henry.

4 of 4

Fakta menarik Tottenham Hotspur:

Manchester City Vs Tottenham Hotspur
Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (17/4). Tottenham Hotspur melaju ke semifinal Liga Champions meski kalah 3-4 atas City. (AP/Jon Super)

1. Tottenham Hotspur telah menelan empat kekalahan tandang di Premier League musim ini dan selalu kebobolan dua gol. Mereka belum pernah mengulangi catatan yang lebih buruk pada Maret dan Mei 2004, yakni enam kekalahan tandang beruntun di liga.

2. Tottenham menelan tujuh kekalahan dari delapan pertandingan tandang terakhir di semua kompetisi. Satu-satunya kemenangan didapat saat mengalahkan Borussia Dortmund di Liga Champions, 5 Maret 2019.

3. Meski memiliki tren minor, Tottenham Hotspur adalah klub Premier League dengan jumlah gol terbanyak dalam laga tandang dengan 33 gol.

4. The Lilywhites merupakan klub kedua yang paling minim mendulang angka dalam sembilan laga terakhir di Premier League musim ini, dibandingkan enam klub papan atas. Mereka mengoleksi tujuh poin (2 menang; 1 imbang; 6 kalah).

5. Klub asuhan Mauricio Pochettino itu telah memenangkan lima pertandingan Premier League tanpa Harry Kane pada musim ini.

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓