3 Dosa David De Gea pada Manchester United

Oleh Hesti Puji Lestari pada 29 Apr 2019, 13:30 WIB
David de Gea

Bola.com, Jakarta - Kiper utama Manchester United, David de Gea, kembali melakukan kesalahan pada big match mempertemukan Manchester United melawan Chelsea pada laga lanjutan Premier League, Minggu malam WIB (29/4/2019). Paul Pogba cs. hanya mampu meraih skor 1-1 dalam laga yang berlangsung di Old Trafford tersebut.

Bukan hanya mengenai peluang Manchester United tampil di Liga Champions musim depan yang ramai diperbincangkan, melainkan juga blunder yang dilakukan David de Gea pada pertandingan semalam, ikut jadi sorotan.

Kiper asal Spanyol ini gagal melakukan tangkapan dari tendangan jarak jauh yang dilakukan bek Chelsea, Antonio Rudiger. Bola muntah hasil tangkapan tidak sempurna de Gea, berhasil dimanfaatkan Marcos Alonso dan membuat Chelsea menahan tuan rumah.

Ini bukan kali pertama de Gea melakukan kesalahan yang bisa saja membahayakan posisi klubnya. Kesalahan yang dilakukannya saat melawan Barcelona dan Manchester City beberapa waktu lalu juga jadi pembahasan menarik

Dalam kesempatan ini, Bola.com mengumpulkan beberapa fakta yang boleh dibilang sebagai "dosa" David de Gea di bawah mistar gawang Manchester United.

Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya, yang dilansir dari berbagai sumber. 

2 of 4

Gagal Clean Sheet dalam 13 Laga

David de Gea
Kiper Manchester United, David de Gea, tampak lesu usai ditaklukkan Manchester City pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu, (24/4). Manchester United takluk 0-2 dari Manchester City. (AP/Jon Super)

Sejak bergabung dengan Setan Merah pada 2011, peforma De Gea bisa dibilang sangat baik. Bahkan hingga Februari lalu, penjaga gawang berusia 28 tahun ini telah mengumpulkan 100 clean sheet dalam 264 pertandingan.

Namun, dalam beberapa laga terakhir, peforma De Gea malah menurun. Dilansir dari BBC, David De Gea gagal mencatatkan clean sheet pada 13 laga terakhir.

 

3 of 4

Mengancam Akan Hengkang

David de Gea
Penjaga gawang Manchester United asal Spanyol, David de Gea. (AFP/Lindsey Parnaby)

De Gea bersama Juan Mata dan Ander Herrera memang sedang memasuki tahun terakhir kontrak mereka bersama Manchester United. Kiper yang gabung Manchester United sejak delapan tahun lalu ini, bahkan sering dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain.

Dilansir dari Morning Evening News, De Gea sebenarnya tak punya niat pindah asalkan klub mampu mewujudkan dua syarat yang ia ajukan, yakni memastikan Setan Merah berada di empat besar klasemen Liga Inggris, serta harus menjadi juara Liga Champions musim depan.

Namun, ternyata blunder yang ia lakukan dalam beberapa kesempatan justru memperkecil peluang Setan Merah memenuhi syarat yang ia ajukan sendiri.

4 of 4

Blunder

David de Gea
David de Gea (Manchester United). (AFP/Ian Kington)

Berdasarkan statistik, kiper Timnas Spanyol belakangan kerap melakukan blunder fatal. Kesalahan yang ia lakukan saat melawan Chelsea, bukan kali pertama terjadi di musim ini.

Pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris kontra Arsenal (15/12/2019) di Old Trafford, de Gea juga pernah salah mengantisipasi sundulan Skhodran Mustafi. Beruntung Setan Merah terhindar dari kekalahan dan mengakhiri pertandingan dengan skor 2-2.

Pada partai perempat final Liga Champions serta lanjutan Premier League masing-masing melawan Barcelona dan Manchester City, kiper 28 tahun ini juga melakukan blunder.

Lanjutkan Membaca ↓