Menjelang Pensiun, Petr Cech Mulai Galau

Oleh Wiwig Prayugi pada 03 Mei 2019, 09:15 WIB
Kalahkan Valencia, Langkah Awal Baik untuk Arsenal

Bola.com, London - Kiper Arsenal, Petr Cech, tinggal menunggu waktu untuk menggantung sarung tangannya. Setelah melakoni laga kontra Valencia pada leg pertama semifinal Liga Europa 2018-2019, Jumat (3/5/2019) dini hari, ia mulai bersikap melankolis.

Beberapa bulan yang lalu, Cech menyatakan akan pensiun dari dunia sepak bola. Berbagai alasan mendasari keputusan itu, seperti umurnya yang sudah semakin senja, kontrak yang sebentar lagi berakhir, juga posisinya telah diakusisi oleh Bernd Leno.

Untungnya Arsenal masih berbaik hati. Mantan penggawa Chelsea tersebut masih diberi kesempatan untuk mengawal gawang The Gunners. Ia ditunjuk sebagai kiper utama saat Arsenal menghadapi Valencia.

Sudah dapat dipastikan bahwa laga kontra Valencia akan menjadi panggung terakhir Cech dalam kompetisi Eropa di markas Arsenal. Usai pertandingan, ia tampak melankolis saat bercerita mengenai pengalamannya itu.

"Ya, ini adalah laga kandang terakhir saya di kompetisi Eropa, jadi rasanya sedikit aneh untuk saya," tutur Cech usai pertandingan seperti yang dikutip dari situs resmi klub.

"Saya ingin juara dan mencapai posisi untuk memenuhi impian mengangkat trofi di laga terakhir saya. Impian itu masih hidup dan terima kasih kepada rekan-rekan setim saya, kami berada di posisi yang bagus," kata Petr Cech.

2 of 2

Ingin Gelar di Liga Europa

petr cech
Kiper asal Ceko, Petr Cech, pindah dari Chelsea ke Arsenal pada awal musim 2015-2016. (AFP/Ian Kington)

Melawan Valencia, Arsenal berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1. Hasil tersebut bisa jadi modal penting bagi skuat asuhan Unai Emery itu untuk bisa lolos ke babak final. Namun hingga sekarang, mereka masih dihantui oleh rekor buruk saat bertandang.

Pada leg kedua, The Gunners akan berstatus sebagai tim tamu. Tentunya itu bisa membahayakan peluang mereka untuk lolos ke babak final. Oleh karena itu, Cech meminta timnya bisa menunjukkan keberanian demi mencapai impian.

"Saat anda mengejar impian, Anda harus menunjukkan keberanian di kandang maupun tandang. Begitulah cara anda memenangkan trofi Eropa," tambahnya.

"Kami sadar bahwa pertandingan itu akan berjalan dengan sulit, bahkan lebih sulit dari di sini, karena mereka tidak merasakan kerugian dan harus mengejar hasil. Harapannya, kami akan menggunakan ini sebagai keuntungan," tandasnya.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓