Sukses


Penentuan Gelar Premier League antara Manchester City dan Liverpool Bisa Ditentukan dengan Laga Play-off

Bola.com, Jakarta - Hingga Pekan ke-36 klub juara pentas Premier League belum final. Persaingan menjadi yang terbaik mengerucut kepada dua tim, yakni: Manchester City dengan Liverpool.

Manchester City dan Liverpool kini masuk dalam pertarungan sengit untuk merengkuh gelar Premier League, tetapi apa yang terjadi jika hingga pekan ke-38 kedua tim mengoleksi poin yang sama serta mengantungi selisih gol yang sama?

Tentunya ada beberapa skenario untuk menetapkan tim terbaik, yaitu dengan menggelar satu kali play-off yang di gelar di tempat netral untuk menentukan juara.

Saat ini Manchester City memimpin klasemen sementara dengan keunggulan sebiji poin atas Liverpool.

Selisih gol mareka hanya terpaut empat gol. City 68 sedangkan Liverpool 64. The Citizen melesakkan gol sebanyak 90 biji, sementara The Reds 84 gol.

Melihat data-data ini, kemungkinan kedua kubu menutup kompetisi dengan poin serta selisih gol yang sama amat mungkin terjadi.

Tidak seperti kompetisi lain, tidak ada aturan head-to-head di Premier League. Aturan yang berlaku di Liga Inggris menyebut "klub-klub yang bersangkutan akan bermain satu atau lebih memutuskan pertandingan liga dengan alasan netral, format, waktu dan tempat yang ditentukan oleh dewan."

Manchester City melakoni dua laga sisa melawan Leicester (kandang) serta Brighton & Hove Albion (tandang). Sementara itu, Liverpool akan menjajal Newcastle (tandang) dan Wolverhampton Wanderers (kandang).

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Pernah Hampir Terjadi

Play-off akan terjadi jika skema hasil di bawah ini terjadi, yang membuat selisih gol dan jumlah memasukkan antara Liverpool dengan Manchester City sama.

Hasil imbang Liverpool dan Manchester City, serta kedua belah pihak memiliki jenis hasil yang sama (menang, kalah atau seri) dalam pertandingan lainnya. Kemenangan dan kekalahan Liverpool dan dua hasil seri Manchester City. Skenario yang tepat yang akan menghasilkan play-off di dua laga sisa:

  • Liverpool menang 5-0 dan kalah 2-1 dan Man City seri 0-0 di dua laga sisa.
  • Liverpool menang 4-0 dan imbang 3-3 dan Man City menang 1-0 dan kalah 1-0.
  • Liverpool Imbang 3-3 di kedua fim dan Man City imbang 0-0 dan kalah 4-0.
  • Liverpool bermain imbang 3-3 dan kalah 4-3 dan Man City kalah 3-0 dan kalah. 2-0.

Jika City dan Liverpool mencetak gol dan kebobolan gol yang sama di atas skor di atas tanpa mengubah salah satu hasil (misalnya dalam skenario teratas Liverpool menang 6-1 dan kalah 2-1 dan Man City seri 1-1 dan 0-0), hampir dipastikan skenario play-off bakal tersajo.

Pernahkah itu terjadi sebelumnya? Tidak.

Namun, Premier League pernah membuat skenario serupa pada 1995-1996, memesan dua kemungkinan tanggal di Wembley, dan mencetak tiket untuk kemungkinan play-off antara Manchester United dan Newcastle. Pada akhirnya Setan Merah memenangkan liga dengan unggul empat poin.

Di musim-musim sebelumnya play-off kemungkinan akan memasuki hari terakhir untuk menyelesaikan Liga Champions atau Liga Europa.

Sumber : BBC Sports

Video Populer

Foto Populer