Kiper Chelsea Kenang Petuah yang Didapatnya dari David De Gea

Oleh Luthfie Febrianto pada 05 Mei 2019, 22:30 WIB
Kepa Arrizabalaga

London - Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, punya pengalaman tak terlupakan dengan penjaga gawang Manchester United, David De Gea. Dia mengaku pernah mendapat petuah dari kiper MU asal Spanyol itu.

Kepa mengatakan De Gea menasihatinya soal kesulitan bermain di Premier League.

"Saya sering mengobrol dengan De Gea di tim nasional. Dia bilang, musim pertamanya di Inggris sangat sulit di setiap aspek," ujar Kepa yang juga kiper tim nasional Spanyol ini seperti dilansir Manchester Evening News, Minggu (5/5/2019).

Bagi Kepa, ini menjadi musim debutnya di Premier League. Ia bergabung ke Chelsea di awal musim dari Athletic Bilbao.

Perjalanan kiper berusia 24 tahun ini diwarnai kontroversi. Kepa sempat menolak diganti saat final Piala Liga Inggris melawan Manchester City.

Beruntung, masalah itu tak berbuntut panjang. Ia segera didapuk kembali menjadi kiper utama setelah sempat dicadangkan.

Di musim ini, Kepa telah mencatatkan 51 penampilan bagi Chelsea di semua kompetisi. Ia juga berpeluang menghasilkan gelar lantaran The Blues masih berkompetisi di Liga Europa.

 

2 of 2

Musim yang Sulit

Pembelian Pesepak Bola Termahal Chelsea
Kepa Arrizabalaga (AFP/Ben Stansall)

Kepa menuturkan, sama seperti De Gea, ia juga butuh waktu beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Menurut Kepa, soal fisik adalah yang paling membedakan dengan sepak bola Spanyol.

"Itulah yang paling saya lihat. Di sini lebih ke fisik, wasit lebih sering membiarkan pelanggaran dan membiarkan kontak fisik," ujar Kepa.

"Pergantian selalu membutuhkan waktu dan usaha. Pergantian pun sangat sulit. Gaya sepak bola di sini sangat berbeda dengan yang saya mainkan di Spanyol," kata Kepa. 

Lanjutkan Membaca ↓