Pep Guardiola Terkejut dengan Konsistensi Manchester City

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Mei 2019, 09:45 WIB
Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku terkejut dengan konsistensi yang diperlihatkan tim asuhannya dalam dua musim terakhir. Manajer asal Spanyol itu mengaku tak pernah berharap timnya melangkah sejauh ini saat pertama kali bergabung pada 2016.

Setelah melewati musim pertamanya bersama The Citizens tanpa meraih trofi juara, Pep Guardiola membawa Manchester City menjadi juara Premier League 2017-2018 dengan rekor mencapai 100 poin. Sementara pada musim ini, Guardiola masih berkesempatan untuk membawa The Citizens menjadi juara sekaligus mempertahankan gelar mereka.

Bicara soal prestasi Manchester City dalam dua musim terakhir, Guardiola mengaku terkesan dan terkejut. Manajer yang memiliki pengalaman menangani Barcelona dan Bayern Munchen itu mengaku tak menyangka The Citizens mampu memperlihatkan konsistensi yang luar biasa.

"Ketika saya tiba di sini, saya tidak memperkirakan kami bisa mempertahankan level tersebut. Setiap tiga hari dalam semua kompetisi, Anda mencoba bermain dan mencoba menang," ujar Guardiola seperti dilansir Sky Sports.

"Terkadang ini tak terjadi, tapi itulah sepak bola. Kami menerima ketika kami kalah, berjabat tangan dengan lawan kami dan memberikan mereka ucapan selamat. Namun, mencapai level ini dengan hanya dua pertandingan tersisa, dengan mendekati 100 poin, adalah kepuasan paling tinggi sebagai seorang manajer. Ini bukan tugas yang mudah dan mereka melakukannya lagi," lanjut manajer asal Spanyol itu.

Kemenangan 1-0 atas Burnley di laga terakhir mereka membuat Manchester City semakin dekat dengan gelar juara. Guardiola pun ingin timnya mendapatkan lebih banyak gol ketika menghadapi Leicester City di Etihad Stadium dalam laga pekan ke-37 pada Selasa (7/5/2019) dini hari WIB.

"Untuk melakukan tugas, Anda harus mencetak gol. Terutama jika Anda mencetak dua atau tiga gol, tugas itu akan lebih mudah. Saya tak pernah mengatakan ketika kami mencetak satu gol, 'Baik sekarang lupakan serangan dan hanya bertahan saja', tapi terkadang Anda harus bertahan ketika lawan lebih baik atau bermain bagus," ujar Guardiola.

"Kami akan mencoba untuk menciptakan peluang dan mencoba hanya sedikit kebobolan. Jika kami bisa mencetak gol dalam menit-menit terakhir, maka akan lebih mudah," lanjut manajer Manchester City itu.