Kiper Timnas Filipina Kalahkan Pencapaian De Gea di Premier League

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Mei 2019, 22:20 WIB
Neil Etheridge

Bola.com, Cardiff - Timnas Filipina boleh berbangga dengan pencapaian yang ditorehkan kiper Neil Etheridge di Premier League 2018-2019. Penjaga gawang milik Cardiff City itu berhasil mengungguli pencapaian kiper Manchester United, David de Gea.

Setelah menahbiskan diri sebagai pemain Asia Tenggara pertama yang berkarier di Premier League, Neil Etheridge menambah catatan apiknya. Kiper yang bermain sebanyak 37 pertandingan di Premier League 2018-2019 itu mengungguli catatan clean sheets milik David de Gea.

Statistik Premier League mencatatat, Neil Etheridge mengoleksi sembilan kali clean sheets, sedangkan De Gea mengumpulkan tujuh kali. Dengan Premier League 2018-2019 menyisakan satu laga lagi, mustahil bagi De Gea untuk mengalahkan Neil Etheridge.

Selain unggul dalam jumlah clean sheets, Neil Etheridge juga mencatatkan penyelamatan lebih banyak dari De Gea. Kiper berusia 28 tahun itu mencatatkan 127 penyelamatan, berbanding 118 milik De Gea.

Neil Etheridge juga kembali unggul dalam penyelamatan penalti di Premier League. Kiper jebolan akademi Chelsea dan Fulham itu mencatatkan tiga kali penyelamatan tendangan penalti, sedangkan De Gea sama sekali tidak pernah mampu menghindari gawangnya kebobolan dari titik putih.

Pencapaian-pencapaian apik Neil Etheridge itu membuatnya terpilih sebagai Pemain Terbaik Cardiff City edisi 2018-2019. Sementara itu bersama Timnas Filipina, kiper berpostur 188 cm itu sudah mengoleksi 10 clean sheets dalam 27 pertandingan di kalender resmi FIFA.

Hanya, statistik personal apik yang dibukukan Neil Etheridge tetap tak mampu membawa Cardiff City selamat dari jerat degradasi. Bersama Fulham dan Huddersfield Town, Cardiff City akan bermain di Championship pada musim depan.