Sukses


Pep Guardiola Sejajar dengan Alex Ferguson dan Jose Mourinho

- Manajer Manchester City, Pep Guardiola, sejajar dengan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, dan mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho, setelah mengantarkan timnya meraih gelar Premier League 2018-19. Pep Guardiola menjadi manajer ketiga di Premier League yang mengantarkan klubnya juara dua musim berturut-turut.

Manchester City memastikan diri menjadi juara Premier League setelah menang 4-1 atas Brighton. Pada laga lainnya, Liverpool yang menjadi rival The Citizens, juga meraih kemenangan atas Wolverhampton Wanderers dengan skor 2-0.

Hasil itu membuat Manchester City bertahan di peringkat pertama Premier League dengan keunggulan satu poin atas Liverpool. Kesuksesan menjadi juara Premier League merupakan kali kedua untuk Pep Guardiola sejak hijrah ke Inggris pada 2016.

Guardiola menyamai prestasi Ferguson dan Mourinho yang mengantarkan klub asuhannya menjadi juara back-to-back. Ferguson melakukan catatan tersebut sebanyak empat kali bersama Manchester United. Bahkan dua di antaranya, Ferguson meraih tiga gelar secara berturut-turut.

Hal yang sama juga pernah dilakukan Jose Mourinho ketika menukangi Chelsea. Mourinho mengantarkan Chelsea menjadi juara back-to-back pada musim 2004-05 dan 2005-06.

Keberhasilan tersebut membuat Pep Guardiola patut dipertimbangkan sebagai satu di antara manajer yang pernah berkarier di Premier League.

2 dari 2 halaman

Tiga Tim Berbeda

Namun, ada satu catatan yang membuat Pep Guardiola menjadi lebih baik dibanding Sir Alex Ferguson. Catatan tersebut adalah keberhasilan Guardiola menjadi juara liga di tiga negara berbeda, yang masih masuk dalam daftar lima liga terbaik di Eropa.

Sebelumnya, Guardiola sudah mengantarkan Barcelona dan Bayern Munchen menjadi juara di liga domestik. Hal itu tak bisa disamai oleh Sir Alex Ferguson yang menghabiskan kariernya sebagai manajer Manchester United.

Jose Mourinho juga pernah menjadi juara liga domestik di tiga negara berbeda, yaitu bersama Chelsea di Inggris, Inter Milan di Italia dan Real Madrid di Spanyol.

Sumber: Liputan6.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer