Siapa Lebih Baik, Klopp Atau Guardiola? Ini Kata Alessandro Del Piero

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 13 Mei 2019, 16:30 WIB
Del Piero

Bola.com, Jakarta - Siapa yang lebih baik antara manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dengan arsitek Manchester City, Pep Guardiola? Legenda Juventus, Alessandro Del Piero punya jawaban sendiri.

Menurut Alessandro Del Piero, Jurgen Klopp lebih baik daripada Pep Guardiola.

"Klopp atau Guardiola? Mari kita bawa keduanya ke Italia. Guardiola telah memenangi banyak gelar, dia juga telah menginspirasi begitu banyak pemain. Kita berbicara tentang dua manajer dengan kepribadian yang berbeda, katakanlah, Klopp lebih merupakan pelatih masa depan," kata Del Piero.

"Sikap Klopp terhadap media dalam situasi sulit membuktikannya. Saya ingat bagaimana ia menghadapi situasi pasca final Champions tahun lalu. Biasanya seseorang selalu sangat marah setelah kalah dalam final, tapi dia menghadapi semuanya dengan berbeda," tambahnya.

"Saya harus mengatakan sikap ini telah memberikan kesegaran yang berbeda dan timnya membuktikannya. Mereka memiliki energi dan antusiasme tinggi. Dengan segala hormat terhadap Liverpool, tidak hanya ada bintang besar, kita tentu dapat mengatakan Klopp telah meningkatkan banyak sisi dari pemainnya," kata Del Piero.

Di bawah asuhan Klopp, Liverpool tampil impresif di Premier League musim ini. Mereka tak pernah terlempar dari posisi tiga besar di klasemen, bahkan sempat bercokol di puncak teratas dari pekan ke16 hingga pekan ke 28.

Bahkan empat pemain Liverpool, yakni Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, dan Sadio Mane masuk daftar tim terbaik musim ini versi Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA).

Sadio Mane dan Mohamed Salah juga berhasil mendapatkan gelar sepatu emas setelah masing-masing mencetak 22 gol di Premier League musim ini.  Alisson ikut mendapat gelar personal sebagai kiper terbaik Premier League setelah berhasil mencatatkan 21 clean sheet musim ini.

Selain itu, Klopp juga kembali membawa Liverpool ke Final Liga Champions secara beruntun. Liverpool akan menghadapi sesama tim Inggris Tottenham Hotspurs di Final Liga Champions yang dilangsungkan di Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019).

Wajar jika Alessandro Del Piero menganggap Jurgen Klopp lebih baik daripada Guardiola, jika melihat sederet prestasi Klopp beberapa musim terakhir di Liverpool.

Sumber: Calciomercato

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini