Alasan Guardiola Bisa Antar Manchester City Raih Treble tapi Gagal di Liga Champions

Oleh Hesti Puji Lestari pada 20 Mei 2019, 19:15 WIB
Manchester City Vs Leicester City

Bola.com, Jakarta - Manchester City mampu mengukir prestasi mengagumkan sepanjang musim 2018/2019. Skuat asuhan Pep Guardiola berhasil menyandang status treble Winner setelah mengalahkan Watford di final Piala FA pada Sabtu, (18/5/2019).

Vincent Kompany cs. melesakkan enam gol tanpa balas ke gawang Watford. Hasil ini membuat The Citizen meraih tiga trofi kompetisi domestik, yaitu Piala FA, Piala Premier League, dan Piala Liga.

Hanya saja, hasil yang diraih City bersama Pep Guardiola ini masih saja dianggap kurang. Kritik selalu hadir karena mereka belum mampu membawa berprestasi di tingkat Eropa. Hal ini membuat Pep yang meraih gelar pelatih terbaik Premier League ini terusik.

"Saya katakan sebelumnya bahwa City akan terus dikritik sampai kami berhasil memenangkan Liga Champions," kata Guardiola seperti dikutip dari BBC.

 

2 of 2

Merasa Dipojokkan

Manchester City Juara Piala FA 2018/2019
Manajer Manchester City Pep Guardiola berpose dengan trofi Piala FA 2018/2019 di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (18/5/2019). The Citizens menjuarai Piala FA 2018/2019 usai mengalahkan Watford dengan skor 6-0. (AP Photo/Tim Ireland)

Merasa terus dipojokkan, pelatih berkebangsaan Spanyol ini membela diri. Menurutnya, Manchester City bukan tim macam Barcelona yang sering meraih trofi di kompetisi antarklub Eropa paling prestisius tersebut.

"Saat saya tiba di Barcelona, ​​saya cukup beruntung sebab berhasil meraih gelar Liga Champions sebanyak dua kali dalam waktu empat tahun. Saat orang-orang berharap saya harus memenangkan Liga Champions, maka saya bisa melakukannya," ujar pelatih berusia 48 tahun ini menambahkan.

Hal tersebut berbeda dengan saat dirinya melatih Manchester City. Menurut Guardiola, City adalah klub yang berjaya di kompetisi domestik namun belum punya tradisi yang kuat di Liga Champions.

"Di klub ini, rekor poin di kompetisi domestik memang sangat luar biasa. Tetapi di Liga Champions, Manchester City tidak sering menang dibandingkan dengan tim yang lain," kata Pep.

Sejak dipimpin oleh Sheikh Mansour pada 2008 Manchester City belum berhasil meraih gelar Liga Champions yang merupakan ajang para juara di Eropa. Namun Manchester City mampu meraih sejumlah gelar empat gelar Premier League, dua Piala FA, dan empat Piala Liga. 

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓