Sukses


7 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson di Manchester United

Bola.com - Sir Alex Ferguson merupakan manajer fenomenal yang pernah dimiliki Machester United. Ia mempersembahkan berbagai prestasi untuk Manchester United selama 27 tahun menangani klub tersebut.

Sebagai manajer, Ferguson memiliki banyak tugas untuk memastikan klub meraih target dan prestasi. Satu di antara tugas krusial Ferguson adalah mendatangkan pemain pada bursa transfer.

Selama 27 tahun, Ferguson banyak mendatangkan pemain yang berhasil mengangkat prestasi klub, namun tak jarang juga yang berakhir dengan penyesalan. Sebagai seorang manajer, Ferguson tak selalu bisa memberikan penilaian yang sempurna untuk mendatangkan pemain ke Manchester United.

Ferguson mengakhiri perjalanan di Manchester United dengan mengoleksi 13 gelar Premier League dan dua gelar Liga Champions serta gelar domestik lainnya. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kejelian Ferguson dalam mendatangkan pemain yang efektif.

Ia mengakhiri kiprahnya bersama Manchester United pada 2013. Sebelum pensiun, Ferguson sempat mendatangkan beberapa pemain.

Berikut ini adalah tujuh pembelian terakhir Sir Alex Ferguson di Manchester United dan keberadaannya pada saat ini:

2 dari 8 halaman

Freddie Veseli

Freddie Veseli didatangkan Machester United dari Manchester City pada 2012. Ia berposisi sebagai bek tengah, namun bisa difungsikan sebagai fullback.

Tak mendapat kesempatan bermain pada musim 2012-13, Veseli dilepas Manchester United pada akhir musim. Ia merapat ke Ipswich Town setela kontraknya di Manchester United berakhir.

Saat ini, ia membela Empoli dan telah bertahan di klub tersebut sejak 2016. Walaupun lahir di Swiss, Veseli memilih untuk membela timnas Albania di level internasional.

3 dari 8 halaman

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa direkrut pada awal musim 2012-13 dari Borussia Dortmund. Ia merupakan pemain asal Jepang pertama yang membela Manchester United.

Ia mencatatkan sejarah sebagai pemain asal Asia pertama yang mencetak hattrick di Premier League. Pencapaian itu ia lakukan pada 2 Maret 2013, ketika Manchester United menang 4-0 atas Norwich City.

Kagawa berperan dalam keberhasilan Manchester United menjuarai Premier League 2012-13. Namun, ia dianggap sebagai surplus ketika Manchester United ditangani Louis van Gaal.

Kagawa memutuskan untuk kembali ke Borussia Dortmund pada Agustus 2014. Pada Januari 2019, Dortmund meminjamkan Kagawa ke klub asal Turki, Besiktas.

4 dari 8 halaman

Nick Powell

Nick Powell ditebus dari Crewe Alexandra pada Juli 2012. Sir Alex Ferguson menilai kalau Powell bisa menjadi penerus Paul Scholes di lini tengah Manchester United.

Namun, ia hanya mendapatkan kesempatan tampil sebanyak dua pertandingan Premier League pada musim 2012-13. Setelah Ferguson pensiun, Powell menghabiskan kontraknya di Manchester United dengan status pinjaman di klub-klub lain.

Saat ini, Powell membela Wigan Athletic. Ia sudah berada di klub tersebut sejak musim 2016-17.

 

5 dari 8 halaman

Robin van Persie

Robin van Persie merupakan pembelian kontroversial yang dilakukan Sir Alex Ferguson. Ia merupakan kapten dari Arsenal yang merupakan rival Manchester United pada saat itu.

Robin van Persie sudah menyandang status bintang. Ia menjadi pemain kunci Manchester United. Robin van Persie tampil dalam seluruh pertandingan Manchester United pada musim 2012-13 dan menjadi top scorer dengan 26 gol.

Robin van Persei menainggalkan Manchester United pada 2015 ketika klub ditangani Louis van Gaal. Ia bergabung ke klub Turki, Fenerbahce, sebelum menyudahi kariernya di Feyenoord pada akhir musim 2018-19.

6 dari 8 halaman

Alexander Buttner

Alexander Buttner bergabung ke Manchester United dari Vitesse pada Agustus 2012. Ia merupakan pelapis Patrice Evra di sektor bek kiri.

Pada 2014, setelah kedatangan Louis van Gaal, Buttner memtuskan hengkang ke Dynamo Moscow. Ia bertahan di klub tersebut selama tiga musim sebelum bergabung ke Vitesse pada 2016. Saat ini, ia masih berkarier di Vitesse.

7 dari 8 halaman

Angelo Henriquez

Angelo Henriquez ditebus Manchester United dari Universidad de Chile pada 2012. Namun, Henriquez tak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Manchester United.

Ia meninggalkan klub tersebut pada 2015 dan bergabung ke Dinamo Zagreb. Ia masih membela klub tersebut hingga 2018, sebelum kembali ke Universidad de Chile.

8 dari 8 halaman

Wilfried Zaha

Wilfried Zaha merupakan pemain terakhir yang dibeli Sir Alex Ferguson. Namun, Ferguson tak memiliki kesempatan untuk menanganinya karena sudah terlanjur pensiun.

Zaha bergabung ke Manchester United pada 2013. Ia tak menjadi pilihan utama di bawah kendali David Moyes.

Setelah dipinjamkan ke Cardiff City pada Januari 2014, Zaha kembali ke Crystal Palace dan bertahan hingga saat ini.

Kini, Manchester United sedang berusah untuk memulangkan Zaha kembali ke Old Trafford setelah tampil istimewa bersama Crystal Palace.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer