4 Kiper yang Pantas Menggantikan David De Gea di Manchester United

Oleh Ario Yosia pada 12 Jun 2019, 12:00 WIB
David de Gea

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim ini bakal amat krusial bagi pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Akan banyak pemain datang dan pergi sebagai bagian revolusi skuat untuk memperbaiki kinerja di persaingan Premier League musim depan.

Kondisi United bak roller-coaster musim 2018-2019. Memulai musim dengan transfer pemain yang buruk (Jose Mourinho gagal mendapatkan bek idaman), performa Setan Merah tidak konsisten di paruh pertama kompetisi.

Setelah kalah memalukan 1-3 di kandang dari Liverpool, Jose Mourinho pun dipecat. Sebagai gantinya, Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk sebagai manajer baru Red Devils.

Solskjaer membuat awal yang baik, dan diberi pekerjaan itu secara permanen setelah hasil yang mengesankan untuk mengalahkan PSG di babak 16 Liga Champions. Namun semuanya berubah draktis.

Dimulai dengan tersingkirnya Manchester United di Liga Champions oleh Barcelona, selanjutnya United performanya terpuruk tak berkesudahan. Mereka menyudahi kompetisi dengan finish di urutan keenam. Tiket lolos ke Liga Champions pun melayang.

Satu masalah bagi United di akhir musim performa David De Gea yang angin-anginan. Sebagai penjaga gawang terbaik di dunia, ia banyak melakukan kesalahan besar di pekan-pekan akhir kompetisi.

Hanya punya kontrak satu tahun tersisa di Manchester United ia desas-desuskan bakal pergi dari Old Trafford musim panas ini. PSG disebut-sebut sebagai tujuannya.

Manchester United sudah barang tentu wajib mencari penggantinya. Solskjaer menginginkan kiper top yang kualitasnya sepadan.

Berikut ini kiper-kiper berkualitas yang bisa menggantikan sosok David De Gea mengawal gawang Manchester United:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 5

Gianluigi Donnarumma

Pesepak Bola dengan Nilai Pasar Tertinggi Saat Berusia 18 Tahun
Gianluigi Donnarumma (AFP/Marco Bertorello)

Gianluigi Donnarumma telah menjadi kiper nomor satu AC Milan sejak usia 16 tahun. Jika United mencari pengganti jangka panjang untuk de Gea, maka orang itu mungkin Donnarumma merupakan sosok yang tepat.

Penjaga gawang Italia ini baru berusia 20 tahun, tetapi telah membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang terbaik di level tertinggi. Di AC Milan ia sudah bermain sebanyak 142 penampilan di Serie A. Selama periode itu ia menciptakan 46 clean sheet.

Manchester United harus berani mengambil risiko, mendatangkan kiper yang minim pengalaman di Premier League, liga yang amat menguras fisik dibanding Serie A. Harga beli Gianluigi Donnarumma tidak mahal. AC Milan yang tengah berjuang menyeimbangkan neraca keuangannya pasti akan dengan tangan terbuka melego penjaga gawang andalannya dengan harga rata-rata air.

3 of 5

Jasper Cillessen

Kiper yang Bisa Gantikan Peran De Gea di Manchester United
Jasper Cillessen (AFP/Louisa Gouliamaki)

Kiper lain yang mungkin mudah digaet Manchester United musim panas ini adalah Jasper Cillessen dari Barcelona.

Penjaga gawang asal Belanda itu bergabung dengan raksasa Catalan pada 2016, tetapi karena penampilan Marc-Andre ter Stegen yang mengesankan, ia hanya jadi spesialis serep di Nou Camp.

Tiga tahun di Spanyol, ia hanya bermain lima kali di La Liga. Total Jesper tampil di 24 laga Copa Del Rey. Pilihan untuk pergi dari Barcelona sebuah keputusan pragmatis, karena Jesper juga butuh mengamankan tempatnya di Timnas Belanda.

Jasper Cillessen mungkin bukan kiper kelas dunia idaman Manchester United, tetapi karena kegagalan mereka bermain Liga Champions, mungkin lebih sulit bagi mereka untuk menarik pemain terbaik. Cillessen mungkin hanya mampu menjadi opsi jangka pendek.

4 of 5

Andre Onana

Ajax Amsterdam Tak Gentar Hadapi Real Madrid di Bernabeu
Andre Onana (AP Photo/Bernat Armangue)

Sepertinya eksodus massal di Ajax musim panas ini setelah aksi impresif di Liga Champions musim lalu tak terhindarkan.

Frenkie de Jong dipastikan hengkang ke Barcelona, ​​dan Matthijs de Ligt akan segera menyusul kompatriotnya.

Sementara itu, David Neres, Hakim Ziyech, dan Donny van de Beek tengah masuk radar sejumlah klub elite Eropa. Pemain lain yang bisa menuju ke pintu keluar adalah Andre Onana, yang tampil cemerlang musim lalu di bawah mistar Ajax.

Penjaga gawang Kamerun berusia 23 tahun, yang adalah produk akademi Barcelona, ​​menandatangani kontrak dengan Ajax pada 2015, dan telah tampil 98 kali di pentas Eredivisie. Ia tercatat 32 clean sheet dan membantu timnya memenangkan Eredivisie musim lalu, untuk pertama kalinya sejak 2014.

5 of 5

Jan Oblak

Kiper dengan Overall Rating Terbaik di PES 2019
Jan Oblak (AFP/Javier Soriano)

Jika ada daftar resmi kiper terbaik di dunia, maka Jan Oblak masuk salah satu di antaranya. Penjaga gawang asal Slovenia unjuk gigi bersama Atletico Madrid beberapa musim terakhir.

Sejak awal musim 2015-2016, Oblak tercatat bermain di 142 laga La Liga. Sepanjang periode itu ia menciptakan 81 clean sheet. Total ia hanya kebobolan 82 gol.

Bagi United, ia akan menjadi rekutran yang brilian. Bicara lini pertahanan, mereka memiliki masalah dalam hal koordinasi. United membutuhkan seseorang pemimpin yang dapat diandalkan di belakang mereka, dan Oblak opsi yang tepat.

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓