Patrice Evra Resmi Gantung Sepatu

Oleh Rizki Hidayat pada 29 Jul 2019, 19:45 WIB
Patrice Evra Gabung West Ham United

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Manchester United, Patrice Evra, resmi mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola pada Senin (29/7/2019). Selanjutnya, Evra akan menjalani karier sebagai pelatih.

Menjalani karier profesional sejak 1998, pria 38 tahun tersebut pernah memperkuat delapan klub Eropa. Dari delapan klub tersebut, Patrice Evra memiliki karier gemilang ketika berseragam Manchester United.

Membela MU dari 2006 sampai 2014, Evra tampil dalam 379 pertandingan dan mencetak 10 gol plus 40 assist. Dia juga turut membantu The Red Devils meraih 15 gelar juara, beberapa di antaranya adalah lima trofi Premier League dan satu Liga Champions.

Sementara itu, klub terakhir yang dibela Patrice Evra adalah West Ham United pada musim 2017-2018. Bersama The Hammers, Evra hanya tampil dalam lima laga dan menandatangani kontrak berdurasi empat bulan.

Setelah meninggalkan West Ham, pemain yang mencatatkan 81 caps bersama Timnas Prancis itu tak memperkuat klub mana pun. Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk pensiun pada musim panas tahun ini.

"Karier bermain saya secara resmi berakhir. Saya memulai pelatihan untuk Lisensi Pelatih UEFA B pada 2013, sekarang saya ingin menyelesaikannya dan kemudian mendapatkan lisensi UEFA A," kata Evra.

"Dalam satu setengah tahun, jika semuanya berjalan dengan baik, saya akan siap untuk memimpin tim," papar Patrice Evra.

 

2 of 2

Statistik Patrice Evra

img_mu_liv-140212.jpg
Selebrasi bek MU Patrice Evra di depan striker Luis Suarez pada pertemuan kedua kesebelasan dalam lanjutan Liga Premier di Old Trafford, Manchester, 11 Februari 2012.

Selama 20 tahun menjalani karier sebagai pemain bola, Patrice Evra mencatatkan 733 pertandingan dengan mencetak 17 gol dan 50 assist. Dia juga merasakan 21 titel juara.

Evra tercatat merengkuh satu gelar juara bersama AS Monaco, 15 trofi ketika membela Manchester United, dan lima titel juara saat berseragam Juventus.

Sayangnya, pemain yang dianggap sebagai satu di antara bek kiri terbaik di dunia itu belum pernah membawa Timnas Prancis merengkuh gelar juara.

Sumber: Manchester Evening News

Lanjutkan Membaca ↓