7 Pemain Termahal yang Dibeli Manchester United

Oleh Aditya Wicaksono pada 06 Agu 2019, 18:00 WIB
Logo Ilustrasi MU

Bola.com, Jakarta - Manchester United mendatangkan Harry Maguire pada bursa transfer musim panas 2019. Pemain berusia 26 tahun itu ditebus dengan harga 80 juta pound dari Leicester City.

Harga tersebut menjadikan Maguire sebagai bek termahal di dunia. Ia menggantikan posisi Virgil van Dijk yang menyandang status tersebut ketika diboyong Liverpool dari Southampton pada Januari 2018.

Meskipun begitu, harga 80 juta pound tidak menjadikan Maguire sebagai pemain termahal di Manchester United. Status itu disandang oleh Paul Pogba yang bergabung ke Manchester United pada 2016.

Sebagai satu di antara klub terkaya di dunia, Manchester United memiliki kemampuan finansial yang mumpuni untuk mendatangkan pemain bintang. Tak heran, mereka rajin membeli pemain dengan harga yang tinggi.

Namun, kebiasaan tersebut dimulai setelah Sir Alex Ferguson. Pada era David Moyes, ia memecahkan rekor transfer Manchester United ketika memboyong Juan Mata dari Chelsea.

Hal yang sama terjadi pada era Louis van Gaal. Saat itu, van Gaal menjadikan Angel di Maria sebagai pemain termahal Manchester United.

Pada era Jose Mourinho, Manchester United kembali memecahkan rekor transfer klub ketika memboyong Pogba.

Berikut ini adalah 7 pemain termahal yang pernah dibeli Manchester United:

2 of 8

7. Nemanja Matic - £40 juta pound

Esports Manchester United
Pemain Manchester United, Nemanja Matic. (AP/Dave Thompson)

Nemanja Matic dibeli dari Chelsea pada Juli 2017. Ia didatangkan dengan harga 40 juta pound. Saat ini, ia masih menjadi bagian dari skuat utama Manchester United.

3 of 8

6. Fred - £47 juta pound

5 Pembelian Anyar Premier League yang Belum Sesuai Ekspektasi
Pemain Manchester United, Fred. (AFP/Paul Ellis)

Fred didatangkan Manchester United dari Shakhtar Donetsk dengan harga 47 juta pound pada Juni 2018. Fred masih dianggap sebagai pembelian yang gagal karena belum menunjukkan kontribusi positif di Manchester United.

4 of 8

5. Aaron Wan-Bissaka - £50 juta pound

Premier League
Pemain Manchester United, Aaron Wan-Bissaka. (AFP/Roslan Rahman)

Aaron Wan-Bissaka merupakan satu di antara pembelian baru Manchester United untuk musim 2019-20. Ia ditebus dari Crystal Palace dengan harga 50 juta pound. Walaupun baru berusia 21 tahun, Wan-Bissaka sudah masuk dalam daftar pemain termahal Manchester United.

5 of 8

4. Angel Di Maria - £59,7 juta pound

Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain
Mantan pemain Manchester United, Angel Di Maria. (AFP/Ian Kington)

Manchester United mendatangkan Angel Di Maria dari Real Madrid dengan harga 59,7 juta pound pada Agustus 2014. Namun, kontribusi Di Maria sangat minim.

Ia hanya bertahan selama satu musim dan hengkang ke PSG pada musim panas 2015.

6 of 8

3. Romelu Lukaku - £75 juta pound

Esports Manchester United
Pemain Manchester United, Romelu Lukaku. (AFP/Aaron M. Sprecher)

Romelu Lukaku bergabung ke Manchester United pada Juli 2017 setelah ditebus dari Everton. Manchester United mengeluarkan dana mencapai 75 juta pound. Saat ini, Romelu Lukaku berpeluang untuk meninggalkan Manchester United.

7 of 8

2. Harry Maguire - £80 juta pound

Harry Maguire Resmi Berkostum Manchester United
Pemain Manchester United, Harry Maguire. (dok. Manchester United FC)

Manchester United mendatangkan Harry Maguire dari Leicester City pada musim panas 2019. Manchester United sudah mengincar Maguire sejak 2018.

8 of 8

1. Paul Pogba - £89,3 juta pound

Kapten Manchester United
Pemain Manchester United, Paul Pogba. (AFP/Paul Ellis)

Paul Pogba ditebus dari Juventus dengan harga 89,3 juta pound pada Agustus 2016. Ia sukses menjalankan perannya di Manchester United. Namun, Pogba merasa tidak betah karena kerap dikambinghitamkan jika Manchester United meraih hasil buruk.

Lanjutkan Membaca ↓