5 Pemain Debutan di Premier League Musim Ini, Siapa yang Akan Bersinar?

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 09 Agu 2019, 12:00 WIB
Logo Liga Premier Inggris

Jakarta - Premier League 2019-2020 mulai bergulir pada akhir pekan ini. Duel Liverpool kontra Norwich City akan menjadi laga pembuka kompetisi paling bergengsi di dunia, Sabtu (10/8/2019) dini hari WIB.

Pada pekan pertama, Premier League sudah menyuguhkan pertandingan seru. Manchester United (MU) akan menjamu Chelsea di Old Trafford Stadium, Minggu (11/8/2019).

Duel ini dipastikan sengit. Setan Merah, sebutan Setan Merah, akan memainkan seluruh pemain baru mereka, Daniel James, Aaron Wan-Bissaka, dan Daniel James.

Sedangkan Chelsea akan mendapat tantangan baru. Mereka telah melepas pemain bintang Timnas Belgia, Eden Hazard yang hengkang ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini.

Tentunya, penampilan Chelsea tanpa Hazard perlu diperhitungkan. Pasalnya, gelandang berusia 28 tahun itu sudah menjadi pilar utama Chelsea sejak 1 Juli 2012.

Selama memperkuat The Blues, julukan Chelsea, Hazard telah mencetak 110 gol dan 92 assist dari 352 pertandingan di semua kompetisi. Bila Hazard telah meninggalkan Liga Inggris, ada lima pemain baru yang baru merasakan sengitnya persaingan di kompetisi ini.

Siapa saja pemain debutan Premier League pada musim ini? Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Christian Pulisic

Christian Pulisic - Chelsea
Pemain Chelsea, Christian Pulisic. (dok. Chelsea)

Chelsea mendapatkan winger asal Kroasia, Christian Pulisic pada 2 Januari 2019. The Blues membelinya dari Borussia Dortmund seharga 64 juta euro.

Kendati sudah dibeli sejak Januari 2019, Pulisic baru merasakan Liga Inggris pada musim ini. Chelsea memutuskan meminjamkan pemain berusia 20 tahun itu kepada Borussia Dortmund.

Musim lalu bersama Borussia Dortmund, dia bermain di tiga kompetisi, Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal. Pulisic pun mencatatkan tujuh gol dan enam assist dari 30 pertandingan.

 

3 of 6

Joao Cancelo

Joao Cancelo
Joao Cancelo. (AFP/Emanuel Dunand)

Joao Cancelo, yang musim lalu memperkuat Juventus, bergabung dengan Manchester City. Proses transfernya pun di barter. Ya, Manchester City menyerahkan Danilo plus 28 juta euro kepada Juventus.

Bek kanan Portugal ini mampu bertahan dan menyerang dengan baik. Musim lalu, bersama Juventus, dia bermain dalam empat kompetisi, yakni Serie A, Liga Champions, Coppa Italia, dan Supercoppa Italia.

Total, pria berusia 25 tahun tersebut memainkan 34 pertandingan. Cancelo mencetak satu gol dan lima assist bersama Juventus.

 

4 of 6

Moise Kean

Penyerang Juventus, Moise Kean.
Moise Kean. (AFP/Isabella Bonotto)

Juventus secara mengejutkan melepas striker muda mereka, Moise Kean, yang masih berusia 19 tahun. Kean dibeli oleh klub Liga Inggris, Everton dengan mahar 27,5 juta euro.

Kean tampil cemerlang di penghujung musim lalu. Namanya muncul setelah beberapa striker Juventus, Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic, dan Paulo Dybala mengalami masalah.

Total, Kean, yang pernah memperkuat Hellas Verona itu bermain dalam 17 pertandingan bersama Juventus. Dia mencetak tujuh gol dan satu assist.

 

5 of 6

Daniel James

Daniel James
Winger Manchester United (MU) Daniel James (kiri) (Twitter ManUtd)

Pada 1 Juli 2019, Manchester United (MU) mendatangkan Daniel James dari klub Divisi Championship, Swansea City. James tentunya akan menjadi salah satu debutan di Liga Inggris.

Pria berusia 21 tahun itu berposisi sebagai winger kiri mempunyai kecepatan yang luar biasa. Kecepatan yang dimiliki James membuat manajer MU, Ole Gunnar Solskjer tertarik memberikannya kesempatan bermain di Liga Inggris.

Musim lalu, di Divisi Championship, James bermain sebanyak 33 pertandingan. Pemain Timnas Wales itu mencetak empat gol dan mencetak sembilan assist.

 

6 of 6

Rodri

Rodri Hernandez - Manchester City
Rodri Hernandez (Dok. Manchester City)

Manchester City mengucurkan dana 70 juta euro untuk membeli gelandang bertahan Atletico Madrid, Rodri. Dia pun menjadi salah satu pemain yang paling menjanjikan pada bursa transfer musim panas ini.

Rodri diperkirakan bakal menjadi gelandang bertahan terbaik di Liga Inggris musim ini, menyaingi N'Golo Kante (Chelsea) dan Nemanja Matic (Manchester United).

Musim lalu, bersama Atletico Madrid, Rodri, bila dirata-rata bersentuhan dengan bola sebanyak 69,8 kali di setiap pertandingan. Akurasi umpannya pun sangat tinggi 91 persen. Dia juga memenangkan duel udara dengan lawan sebanyak 2,3 kali per laga.

Lanjutkan Membaca ↓