Pep Guardiola: Persaingan Juara Premier Bukan Hanya Melibatkan Manchester City dan Liverpool

Oleh Liputan6.com pada 09 Agu 2019, 04:00 WIB
Manchester City - Pep Guardiola

Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola memprediksi persaingan Liga Inggris musim 2019-2020 akan berjalan ketat. Juru taktik asal Spanyol itu merasa persaingan bukan hanya milik Manchester City dan Liverpool.

Kembali ke musim 2018-2019, dominasi Manchester City dan Liverpool di Premier League sangat begitu kentara. Kedua tim melaju beriringan untuk meraih gelar juara, klub lain tertinggal jauh.

Pada akhirnya, Manchester City menjadi juara dengan 98 poin. The Citizen hanya unggul satu poin dari Liverpool. Sementara Chelsea yang berada di posisi ke-3, hanya mampu meraih 72 poin saja.

Tak hanya Premier League, Manchester City juga meraih gelar domestik lainnya. David Silva dan kolega menjadi juara FA Cup dan Carabao Cup.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 3

Persaingan Lebih Ketat

FOTO: Permalukan Chelsea, Manchester City Raih Gelar Perdana
Manajer Manchester City Pep Guardiola. (AFP/Glyn Kirk)

Menurut Guardiola, standar yang ditetapkan oleh Manchester City dan Liverpool memang sudah sangat tinggi. Tapi, klub lain juga tidak menyerah begitu saja. Mereka telah berbenah agar bisa bersaing.

"Saya meyakini bahwa musim ini akan berbeda. Setiap tim telah membangun timnya lebih baik," ucap Guardiola kepada Sky Sports.

"Standar yang kami capai dengan Liverpool pada musim lalu, harus dicapai juga oleh para penantang, jika mereka ingin bersaing dalam perebutan gelar," ucap Guardiola.

Guardiola melihat setidaknya ada lima tim yang mungkin meramaikan persaingan gelar. "Liverpool dan Manchester City telah menunjukkannya. Klub lain juga harus berupaya. Tetapi, dari segi kualitas, ada tiga, empat atau lima tim lainnya. Mereka bisa bersaing," tandas Guardiola.

 

3 of 3

Berbenah di Bursa Transfer

Euforia Pemain Man City Raih Juara Community Shield 2019
Para pemain Manchester City berpose dengan trofi Community Shield 2019 usai pertandingan melawan Liverpool di stadion Wembley, London, Inggris (4/8/2019). Manchester City menang adu penalti atas Liverpool 4-5 (1-1). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Meski menyandang status juara bertahan, Manchester City tetap membenahi skuat yang sudah dimiliki. Rodri dan Joao Cancelo didatangkan untuk membuat tim makin tangguh.

Liverpool masih pasif di bursa transfer. Manajer Jurgen Klopp nampaknya sudah cukup puas dengan skuat yang dimiliki.

Manchester United cukup agresif di bursa transfer musim panas 2019 ini. Setan Merah sejauh ini telah membeli Daniel James, Aaron Wan-Bissaka dan Harry Maguire. Masih ada nama Inaki Williams yang masuk dalam bidikan.

Arsenal juga membuat manuver yang menjanjikan. Nicolas Pepe dan Dani Caballos resmi bergabung. The Gunners juga sedang berupaya membeli Kieran Tierney dan David Luis.

Sumber: Bola.net

 

Lanjutkan Membaca ↓