Jurgen Klopp Tiru Strategi Transfer Barcelona untuk Bawa Liverpool Berjaya

Oleh Novie Rachmayanti pada 09 Agu 2019, 15:00 WIB
Jurgen Klopp, LIverpool

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, ingin meniru strategi Barcelona untuk membawa Liverpool berjaya. Klopp menegaskan tak akan banyak melakukan bongkar pasang di bursa transfer demi mempertahankan para pemain terbaiknya, seperti yang selama ini dilakukan Barcelona. 

Pernyataan Klopp tersebut menjawab keresahan fans karena melihat aktivitas The Reds pada bursa transfer musim panas ini.

The Reds menjadi satu di antara klub Premier League yang terkesan santai di bursa transfer musim panas ini. Liverpool hanya memboyong tiga pemain anyar, yakni Sepp van den Berg, Harvey Elliot, dan Adrian San Miguel del Castillo sebagai pelapis kiper Alisson Becker.

Jurgen Klopp mengatakan timnya akan tetap bersama untuk beberapa musim kedepan. Alhasil, manajer asal Jerman itu tak perlu lagi beradaptasi dengan pemain anyar. Kebijakan seperti itu telah diterapkan Barcelona, serta Manchester United pada era Sir Alex Ferguson. 

"Tim-tim besar tetap bersama selama beberapa tahun. Saya benar-benar berpikir masuk akal untuk menjaga tim ini tetap bersama, tapi kami harus membuktikannya," kata Klopp, mengutip dari Sportskeeda, Jumat (9/8/2019).

"Saya tidak membandingkan dengan Barcelona lima, enam atau tujuh tahun yang lalu, mereka tetap bersama. Seorang pemain baru datang dan berjuang sehingga pemain yang sama tetap bermain lagi." 

"Manchester United memiliki kelas 92. Berapa lama mereka bersama? Mereka berubah setelah Eric Cantona bertambah tua dan membawa Van the Man atau siapa pun. Anda tidak berubah sepenuhnya," sambung manajer Liverpool asal Jerman tersebut. 

 

2 of 2

Skuat Liverpool Tak Diragukan Lagi

Pesta Liverpool dan Duka Tottenham di Final Liga Champions
Pemain Liverpool Jordan Henderson mengangkat trofi juara Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/ 2019). (AP Photo/Francisco Seco)

Klopp mengatakan strategi tersebut akan membawa Liverpool masuk jajaran tim elite dunia dalam beberapa tahun mendatang. Klopp menegaskan belum mau menyebut skuatnya sebagai tim besar, karena masih harus dibuktikan lagi dalam dua tahun ke depan. 

Di sisi lain, menurut Jurgen Klopp stok pemain Liverpool tak diragukan lagi untuk menyabet sejumlah gelar musim 2019-2020. Sebelumnya mereka tampil cukup apik di Premier League dan Liga Champions musim lalu.

Liverpool tercatat berhasil menjuarai Liga Champions 2018-2019 dan finis kedua di kancah Premier League. 

"Kami adalah tim yang solid dalam liga yang sangat sulit dengan banyak pesaing yang ingin mendapatkan posisi kami saat ini," kata Klopp. 

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓