Fakta Menarik Jelang Duel Seru Manchester United Vs Chelsea

Oleh Rizki Hidayat pada 11 Agu 2019, 17:01 WIB
Permalukan Manchester United, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala FA

Bola.com, Manchester - Manchester United dan Chelsea akan bentrok di Old Trafford pada laga pekan perdana Premier League musim ini, Minggu (11/8/2019). MU yang tampil dihadapan pendukung sendiri, berambisi memetik tiga poin.

The Reds Devils mengukir hasil yang cukup baik saat menjamu The Blues di Old Trafford. Dari enam laga kandang terakhir, MU meraih empat hasil imbang dan memetik dua kemenangan atas Chelsea.

Meski begitu, Manchester United tidak akan diperkuat Romelu Lukaku dalam duel ini. Pasalnya, The Red Devils telah menjual Lukaku ke Inter Milan pada 8 Agustus 2019.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, tak mengkhawatirkan kepergian pemain Timnas Belgia itu. Solskjaer yakin Anthony Martial dan Marcus Rashford mampu menjadi andalan di lini depan Manchester United.

"Tentu saja Romelu Lukaku memiliki catatan dan statistik yang bagus, dia salah satu dari sembilan pemain teratas ketika Anda ingin bermain dengan striker semacam itu, seorang target man," ujar Solskjaer.

"Saya sangat yakin kami akan mendapatkan gol dari (Anthony) Martial, Daniel James, (Marcus) Rashford, dan Jesse Lingard," lanjutnya.

Akan tetapi, Chelsea bukan tim yang mudah untuk dikalahkan. The Blues juga memiliki tren bagus saat bersua MU. Dari 13 pertemuan terakhir, Chelsea mampu meraih lima kemenangan, enam hasil imbang, dan hanya menelan dua kekalahan dari Tim Setan Merah.

Pada pertemuan terakhir melawan Manchester United di Old Trafford, Chelsea meraih hasil imbang 1-1. Sempat tertinggal lebih dulu setelah Juan Mata mencetak gol pada menit ke-11, The Blues berhasil menyamakan kedudukan berkat aksi Marcos Alonso menit ke-43.

Lantas, siapa yang akan memenangkan duel kali ini? Layak untuk dinantikan. Berikut ini adalah data dan fakta jelang duel Manchester United versus Chelsea.

2 of 4

Head to head

Manchester United vs Chelsea
Gelandang Manchester United, Juan Mata berebut bola dengan pemain Chelsea, Mateo Kovacic pada laga putaran kelima Piala FA di Stamford Bridge, Senin (18/2). Manchester United lolos ke perempat final usai mengalahkan Chelsea 2-0. (AP/Alastair Grant)

1. Manchester United belum pernah menjamu Chelsea pada laga pertama di Liga Inggris, sejak 1958. Saat itu, MU menang 5-2 dengan Bobby Charlton menyumbangkan tiga gol.

2. The Red Devils hanya meraih dua kemenangan dari 13 pertemuan terakhir melawan Chelsea di Premier League (6 imbang; 5 kalah). Namun, mereka tak terkalahkan dalam enam laga kandang terakhir kontra The Blues (2 menang; 4 imbang).

3. Chelsea adalah satu-satunya klub yang memenangkan lebih banyak pertandingan Premier League melawan Manchester United dibandingkan menelan kekalahan (18 menang; 15 kalah).

3 of 4

Data dan Fakta Manchester United

Manchester United Ditahan Imbang Chelsea di Old Trafford
Para pemain Manchester United mengerumuni Juan Mata usai berhasil mencetak gol ke gawang Chelsea saat bertanding dalam lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (28/4/2019). Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. (Martin Rickett/PA via AP)

1. Manchester United gagal meraih kemenangan dalam lima laga terakhir di Premier League musim lalu. Dari lima pertandingan tersebut, MU hanya memetik dua hasil imbang dan menelan tiga kekalahan.

2. Jika kalah dari Chelsea, MU akan menorehkan catatan tidak pernah menang dalam empat pertandingan kandang secara beruntun di Premier League.

3. Andai memetik tiga poin, Manchester United akan meraih kemenangan kelima secara beruntun pada laga pembuka Premier League.

4. Tim Setan Merah hanya sekali kalah dari 26 pertandingan terakhir pada pekan perdana liga yang berlangsung di Old Trafford (19 menang; 6 imbang).

5. Manchester United hanya mencatatkan tujuh clean sheet di Premier League musim lalu. Mereka hanya unggul dari dua klub yang terdegradasi, yakni Huddersfield Town dan Fulham, yang sama-sama mencatatkan lima laga tanpa kebobolan.

6. MU belum pernah lagi mencatatkan clean sheet di Premier League, sejak bermain 0-0 kontra Liverpool pada 24 Februari lalu.

7. Satu-satunya kemenangan Manchester United melawan enam klub teratas di Premier League musim lalu adalah kontra Tottenham Hotspur. MU menang 1-0 atas Tottenham pada 13 Januari 2019.

8. Penampilan terakhir Ole Gunnar Solskjaer sebagai pemain Manchester United adalah ketika kalah 0-1 dari Chelsea pada final Piala FA 2007. Saat itu, The Blues masih diperkuat Frank Lampard.

4 of 4

Data dan fakta Chelsea

Manchester United Ditahan Imbang Chelsea di Old Trafford
Kiper Manchester United David de Gea (kanan ketiga) termenung setelah pemain Chelsea Marcos Alonso (paling kiri) mencetak gol ke gawangnya dalam lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (28/4/2019). Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. (Martin Rickett/PA via AP)

1. Chelsea hanya menelan satu kekalahan dari 13 pertandingan terakhir di semua kompetisi musim lalu (8 menang; 4 imbang). Kekalahan tersebut adalah ketika menyerah 0-2 dari Liverpool.

2. The Blues juga meraih dua kemenangan dari sembilan pertandingan tandang terakhir di Premier League (2 imbang; 5 kalah).

3. Chelsea belum pernah menelan kekalahan dalam laga pembuka Premier League yang berlangsung pada hari Minggu (8 menang; 3 imbang).

4. Manajer Chelsea terakhir yang menelan kekalahan pada laga pembuka Premier League adalah Avram Grant. Bersama Grant, The Blues kalah 0-2 dari Manchester United pada September 2007.

5. Chelsea gagal meraih kemenangan dalam sembilan laga tandang melawan enam klub papan atas Premier League (3 imbang; 6 kalah) musim lalu.

6. Chelsea juga kebobolan 14 gol dalam lima pertandingan tandang Premier League melawan enam klub teratas.

7. Frank Lampard hanya meraih satu kemenangan dari sembilan penampilan terakhir sebagai pemain di Premier League, melawan Ole Gunnar Solskjaer (3 imbang; 5 kalah).

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓