Dongeng 10 Hari ala Adrian San Miguel, dari Berlatih di Klub Antah Berantah hingga Jadi Pahlawan Liverpool

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Agu 2019, 18:30 WIB
Adrian - Liverpool

Bola.com, Istanbul - Penjaga gawang Adrian San Miguel del Castillo, dielu-elukan menjadi pahlawan Liverpool saat mengalahkan Chelsea pada Piala Super Eropa 2019, di Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Penjaga gawang asal Spanyol itu menjadi penentu kemenangan The Reds atas Chelsea dengan skor 5-4 melalui adu penalti dengan menggagalkan tendangan Tammy Abraham.

Siapa sangka 10 hari lalu nasib Adrian masih terkatung-katung. Seperti dilansir Marca, sepanjang Juli, dia terpaksa berlatih di lapangan milik Pilas Sevillian, sebuah tim di wilayah Andalusia. Dia hanya bisa berharap-harap cemas menunggu tawaran dari klub yang ingin memboyongnya. 

Saat itu, Adrian mungkin tak pernah membayangkan bakal menikmati sorotan dan pujian besar-besaran dalam waktu dekat. Tapi, guratan nasib berkata lain. Dalam 10 hari Adrian menikmati perubahan drastis dalam hidupnya seperti dongeng.  

Adrian berstatus bebas transfer sejak 30 Juni 2019 setelah dilepas West Ham United. Tawaran tak kunjung datang. Penjaga gawang berusia 32 tahun tersebut mulai kehilangan kesabaran. 

Tawaran dari Valladolid datang. Tapi, Adrian masih ragu-ragu apakah ingin berkiprah di La Liga atau menunggu tawaran dari tim Premier League. Waktu sudah semakin mendesak karena bursa transfer di Inggris ditutup pada 8 Agustus. 

Tiba-tiba ada panggilan dari Anfield. Adrian sama sekali tak menyangka. Liverpool membutuhkan kiper setelah Simon Mignolet hengkang. Tawaran itu diterima Adrian. Pada 3 Agustus dia berhenti berlatih di Pilas dan pada 5 Agustus resmi gabung The Reds.

Cerita selanjurnya telah menjadi sejarah. Hanya dalam tempo beberapa hari Adrian San Migeul del Castillo menjadi sosok yang nyaris terlupakan menjadi pahlawan baru Liverpool.  

 

 

2 of 2

Dihampiri Kejutan di Anfield

Adrian del Castillo - Liverpool
Kiper Liverpool, Adrian del Castillo. (dok. Liverpool FC)

Di Anfield, kejutan demi kejutan menghampiri Adrian San Miguel del Castillo. Baru dua kali berlatih bersama rekan-rekan setimnya, dia tiba-tiba harus menjalani laga debut bersama The Reds. 

Adrian diturunkan pada laga Premier League melawan Norwich karena kiper utama Liverpool, Allison, mengalami cedera di tengah pertandingan. Adrian kemudian juga dipercaya sang manajer, Jurgen Klopp, turun pada laga Piala Super Eropa melawan Chelsea. 

"Saya sangat senang untuk tim karena memenangi titel ini dan atas kesempatan bermain untuk Liverpool, dengan fans menikmati pertandingan yang sangat panjang, dan berakhir sangat menyenangkan bagi kami," kata Adrian setelah laga. 

Momen tersebut mungkin tak akan pernah dilupakan Adrian. Guratan nasib telah membawanya ke titik yang tak pernah disangka-sangka maupun dibayangkannya 10 hari yang lalu. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓