Pep Guardiola Kecewa Gol Kemenangan Manchester City Digagalkan VAR

Oleh Rizki Hidayat pada 18 Agu 2019, 18:45 WIB
Mauricio Pochettino dan Pep Guardiola.

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyayangkan gol penentu kemenangan timnya atas Tottenham Hotspur digagalkan Video Assistant Referee (VAR). Meski begitu, Guardiola memuji penampilan anak asuhnya.

Menjamu Tottenham di Stadion Etihad pada pekan perdana Premier League, Sabtu (18/8/2019), Man City mendapat perlawanan sengit. Setelah sempat unggul 2-1 pada paruh pertama, City ditahan 2-2 The Lilywhites pada paruh kedua.

Sepasang gol The Citizens dicetak Raheem Sterling pada menit ke-20 dan Sergio Aguero menit ke-35. Sementara itu, dua gol Spurs tercipta atas nama Erik Lamela (23') dan Lucas Moura (56').

Saat laga memasuki injury time, Manchester City berhasil mencetak gol lewat aksi Gabriel Jesus. Bola hasil tembakan kaki kanan Gabriel Jesus dari dalam kotak penalti gagal dihalau Hugo Lloris.

Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit Michael Oliver. Berdasarkan tayangan ulang melalui VAR, bola telah lebih dulu mengenai tangan Aymeric Laporte sebelum mengarah ke pemain asal Brasil tersebut.

Sampai pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Manchester City pun harus puas bermain 2-2 kontra Tottenham Hotspur.

"Sayang sekali karena itu adalah menit terakhir. Ketika itu (gol dianulir VAR) terjadi, itu sulit. Kami bermain bagus dan pada saat-saat terakhir kami mencetak gol," kata Guardiola.

"Yang bisa kami lakukan adalah mencoba bermain seperti hari ini sebanyak mungkin, bersikap klinis. Tottenham adalah salah satu tim terbaik, dan apa yang telah kami lakukan melawan mereka sangat menarik," lanjutnya.

Hasil ini membuat Manchester City turun ke peringkat tiga klasemen sementara Premier League dengan nilai empat. Mereka tertinggal dua poin dari Liverpool yang menghuni urutan teratas.

2 of 2

Alami Deja vu

Manchester City Vs Tottenham Hotspur
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min, melakukan selebrasi usai laga melawan Manchester City pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (17/4). Manchester City menang 4-3 atas Tottenham Hotspur. (AP/Jon Super)

Bagi Manchester City, dianulirnya gol tersebut bagaikan deja vu. Pasalnya, City mengalami kejadian serupa pada musim lalu.

Bersua Tottenham Hotspur pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, 18 April 2019, gol Raheem Sterling juga digagalkan oleh VAR. Saat itu, Sergio Aguero yang memberikan umpan kepada Sterling dianggap berada dalam posisi offside.

Meski meraih kemenangan 4-3 atas Tottenham, Manchester City tetap gagal lolos ke semifinal Liga Champions. Mereka kalah agresivitas gol tandang dari Spurs dalam agregat 4-4.

Sumber: Manchester City

Lanjutkan Membaca ↓