Mengurai Kombinasi Produktivitas 3 Penyerang Ganas Liverpool

Oleh Ario Yosia pada 04 Sep 2019, 10:00 WIB
Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool berada di puncak klasemen dengan rekor sempurna di empat laga awal Premier League. The Reds menciptakan clean sheet pertama musim ini saat menghajar Burnley 3-0 akhir pekan lalu.

Sadio Mane menarik perhatian dalam laga itu. Bukan karena ia mencetak salah satu gol, tapi karena aksi marahnya ke Mohamed Salah usai sang pemain ditarik.

Sadio Mane kesal ke Salah yang tak memberinya umpan, saat posisinya bebas dan punya peluang besar mencetak gol. Rumor panas merebak, keduanya terlibat rivalitas tak sehat dalam urusan mencetak gol.

Joe Gomez dan James Milner sampai harus menahan Mane agar tidak meluapkan emosinya. Gomez dan Milner berusaha menenangkan Mane agar pertikaian tidak melebar.

Roberto Firmino dan Jordan Henderson terlihat bingung dengan aksi Mane. Hal itu dikarenakan mereka tak paham dengan situasi yang berlangsung.

Namun, manajer The Reds, Jurgen Klopp mencoba meredam isu itu. Ia menyebut kalau kedua pemain sudah berdamai di luar ganti.

Konflik berkepanjangan tak bagus buat Liverpool. Sadio Mane dan Mohamed Salah aset berharga di lini depan bareng Roberto Firmino. Lewat ketiganya produktivitas Liverpool berasal. 

 

2 of 4

Mane Melayani dengan Baik Salah

Liverpool vs AS Roma
Trio striker Liverpool (dari kiri ke kanan), Robert Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane merayakan gol ke gawang AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Anfield, Rabu (24/4/2018). (AFP/Filippo Monteforte)

Sejak musim 2017-18, tiga pemain depan Liverpool telah menghasilkan total 178 peluang yang melibatkan untuk satu sama lain. Total 59 gol dicetak Salah dan Roberto Firmino, sementara Mane menyumbang 60 gol.

Sekilas, sebaran gol ketiganya amat merata. Tapi baru terasa berbeda begitu kita melihat kontribusi masing-masing pemain membukakan peluang emas buat dikonversikan menjadi gol ke sesama rekan.

Mane tercatat 43 terlibat dalam gol Salah. Sebaliknya, Salah menciptakan hanya menciptakan 25 peluang bagi Mane, kalah banyak dibandingkan Salah ke Firmino sebanyak 34 gol.

Statistik juga menunjukkan Firmino menciptakan 33 peluang Salah dan Mane 26.

3 of 4

Statistik Kombinasi 3 Penyerang Liverpool

Trio penyerang Liverpool, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino
Trio penyerang Liverpool, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. (AFP/Francisco Leong)
  • Salah ke Mane 172 (Passing) 25 (Peluang) 4 (Assist)
  • Salah ke Firmino 277 (Passing) 34 (Peluang) 5 (Assist)
  • Firmino ke Mane 222 (Passing) 26 (Peluang) 5 (Assist)
  • Firmino ke Salah 256 (Passing) 33 (Peluang) 7 (Assist)
  • Mane ke Salah 177 (Passing) 43 (Peluang) 7 (Assist)
  • Mane ke Firmino 209 (Passing) 17 (Peluang) 2 (Assist)

Sumber: BBC

4 of 4

Seberapa hebat trio penyerang Liverpool? Nonton video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓