Sukses


Manchester City Telah Habiskan Rp15 Triliun untuk Belanja Pemain

Bola.com, Jakarta - Manchester City berdasarkan data yang dirilis CIES Football Observatory, menjadi klub sepak bola pertama yang menghabiskan 1 miliar euro (Rp15 triliun) untuk belanja pemain. 

Sejak diambil alih taipan asal Uni Emirat Arab, Mansour bin Zayed Al Nahyan, pada Agustus 2008, The Citizens bertransformasi menjadi klub elite Eropa. Dengan dana melimpah, City menjadi klub yang siap membeli pemain bintang pada bursa transfer.

Pada musim panas tahun ini, Manchester City membeli Rodri dari Atletico Madrid dengan harga 70 juta euro (Rp1,08 triliun). Sebelumnya, Manchester City juga membeli pemain-pemain dengan harga mahal seperti Sergio Aguero, Kevin De Bruyne, Kyle Walker, hingga Aymeric Laporte.

Kemampuan finansial Manchester City mampu mengangkat peforma tim dari sebelumnya tim papan tengah menjadi klub penghuni big six. Sejak diakusisi Sheikh Mansour, The Citizen mampu mengoleksi empat trofi Premier League, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Community Shield.

Manchester City bukan satu-satunya klub Premier League yang boros dalam belanja pemain. Dari 10 besar klub dunia yang boros dalam membangun skuat, Premier League menyumbang lima tim.

Berikut ini adalah daftar klub yang paling banyak menghabiskan uang pada bursa transfer versi CIES Football Observatory:

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Besar Klub Sepak Bola Paling Boros

Manchester City: 1,014 juta euro (Rp15,7 triliun)

Paris Saint Germain: 913 juta euro (Rp14,1 triliun)

Real Madrid: 902 juta euro (Rp13,9 triliun)

Manchester United: 751 juta euro (Rp11,6 triliun)

Juventus: 719 juta euro (Rp11,1 triliun)

Barcelona: 697 juta euro (Rp10.8 triliun)

Liverpool: 639 juta euro (Rp9,9 triliun)

Chelsea: 561 juta euro (Rp8,6 triliun)

Atletico: 550 juta euro (Rp8,5 triliun)

Arsenal: 498 juta euro (Rp7,7 triliun)

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer