Sukses


6 Pemain yang Pernah Lego Manchester United dengan Banderol Selangit

Jakarta - Manchester United masih terkenal sebagai salah satu klub besar di dunia. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu masih berstatus sebagai raja Liga Inggris.

Sebab, Setan Merah, sebutan Manchester United, sudah memenangkan 20 gelar Liga Inggris. Belum ada yang mampu menyamai koleksi gelar mereka di Liga Inggris.

Selain itu, klub yang didirikan pada tahun 1878 tersebut juga sudah memenangkan tiga gelar Liga Champions. United juga terkenal sebagai pencetak pemain mudah.

Beberapa pemain muda yang sempat terkenal bersama Man United adalah Paul Scholes, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, David De Gea, hingga Marcus Rashford.

Kendati demikian, Manchester United juga gemar menjual pemain berlabel bintangnya. Berikut ada enam pemain yang dijual Setan Merah dengan harga mahal.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan pemain termahal yang pernah dijual Tim Setan Merah. Sayap asal Portugal itu dilepas ke Real Madrid dengan harga 80 juta pound atau Rp. 1,5 triliun pada tahun 2009.

Padahal Manchester United hanya membelinya dari Sporting Lisbon dengan harga 12,2 juta pound pada tahun 2003. Namun penjualan itu dinilai pantas mengingat prestasi Ronaldo bersama Madrid saat ini.

 

 

3 dari 7 halaman

Angel Di Maria

Pada 25 Juli 2015, Man United melepas Angel Di Maria kepada klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar 44 juta pound. Kendati demikian, Setan Merah bisa dibilang rugi karena mereka membelinya dari Real Madrid seharga 59,7 pound pada 26 Agustus 2014.

Angel Di Maria dilepas manajer United saat itu, Louis van Gaal karena dinilai gagal memenuhi ekspektasi. Selama semusim bersama Setan Merah, winger asal Argentina hanya mencatatkan empat gol dari 32 pertandingan di semua kompetisi.

 

4 dari 7 halaman

David Beckham

Pemain kedua termahal yang pernah dijual Manchester United adalah David Beckham. The Red Devils menjualnya ke Real Madrid dengan banderol hingga 25 juta pound pada tahun 2003.

Penjualan Beckham sangat menguntungkan dari sisi finansial karena ia merupakan produk asli akademi. Bersama Madrid, Beckham sukses menyumbangkan dua gelar.

 

5 dari 7 halaman

Danny Welbeck

Welbeck menjadi pemain termahal keempat yang pernah dijual Manchester United. Striker timnas Inggris itu dilego dengan harga 16 juta pound ke Arsenal pada musim panas lalu.

Penjualan Welbeck juga menguntungkan Man United karena ia juga merupakan pemain binaan akademi MU. Manajer Louis van Gaal memutuskan menjual Welbeck karena stok striker yang berlimpah.

 

6 dari 7 halaman

Jaap Stam

Penjualan Stam ke Lazio sempat menuai kontroversi pada tahun 2001. Pasalnya, ia dijual karena bertikai dengan Alex Ferguson.

Manchester United menjual bek asal Belanda itu dengan harga 15,3 juta pound. Namun United sendiri sudah mengambil keuntungan dari penjualan ini karena mereka membelinya hanya dengan harga 10,6 juta pound pada tahun 1998 dari PSV.

 

7 dari 7 halaman

Juan Sebastian Veron

Walau masuk daftar pemain termahal yang pernah dijual, tapi MU tetap merugi dalam transfer Veron. Maklum ia hanya dijual dengan harga 15 juta pound ke Chelsea pada tahun 2003.

Padahal saat membelinya dari Lazio tahun 2001, MU merogoh kocek hingga 28,1 juta pound sekaligus menjadikan Veron pemain termahal di Inggris saat itu. Sayang, ia tak berkembang di Old Trafford dan membuat Alex Ferguson memutuskan untuk menjualnya dua tahun kemudian.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Thomas, Published 17/10/2019)

Video Populer

Foto Populer