Sukses


5 Bek Tengah Terbaik di Premier League Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta - Premier League merupakan salah satu kompetisi yang dikenal menyajikan persaingan cukup sengit di daratan Eropa. Bukan pemandangan aneh, klub papan atas dibuat kesulitan menghadapi klub kelas medioker.

Dalam memperebutkan gelar Premier League, sebuah tim memerlukan pertahanan yang tangguh. Salah satu pos yang terpenting di lini pertahanan adalah bek tengah.

Bek tengah berperan dalam menghentikan alur serangan tim lawan untuk mencetak gol. Tekel, intersep, dan duel bola-bola atas selalu dilakukan oleh bek tengah demi menjaga kesucian gawang.

Saat ini terdapat beberapa bek tengah berkualitas seperti Virgil van Dijk, Toby Alderwireld, dan John Stones. Namun, mereka masih terlalu dini untuk disejajarkan dengan bek-bek legendaris yang pernah bermain di Premier League.

Siapa saja bek tengah terbaik sepanjang sejarah Premier League? Berikut kami rangkum lima bek tengah terbaik Premier League sepanjang masa:

2 dari 6 halaman

John Terry

Fans Chelsea pasti tidak akan melupakan jasa dari seorang John Terry. Eks kapten timnas Inggris tersebut telah menjadi pemimpin dan panutan bagi skuat Chelsea.

Terry menjadi bek tengah terbaik Premier League dengan membuat 214 clean sheet dari 492 laga bersama The Blues. Terry selalu tampil sigap menjaga pertahanan dengan melakukan banyak sapuan dan intersep.

Bersama Chelsea, Terry telah mempersembahkan lima gelar Premier League, lima Piala FA, empat gelar Community Shiled, tiga Piala Liga, satu gelar Liga Champions, dan satu gelar Liga Europa.

3 dari 6 halaman

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand merupakan salah satu bek tengah terbaik di Premier League. Eks bek timnas Inggris tersebut sering dipasangkan dengan Nemanja Vidic di lini bertahan Manchester United.

Ferdinand tangguh dalam menjaga lini pertahanan. Ferdinand juga kerap maju membantu serangan, terutama saat servis bola mati.

Selama berkarier di West Ham United, Leeds United, Manchester United, dan QPR, Ferdinand pernah meraih satu trofi Piala Intertoto, enam gelar Premier League, enam gelar Community Shield, tiga Piala Liga, satu gelar Liga Champions dan satu Piala Dunia Antar Klub.

4 dari 6 halaman

Sol Campbell

Sol Campbell merupakan salah satu legenda bagi Arsenal. Namun, eks bek Inggris tersebut juga pernah membela tim rival abadi The Gunners, yaitu Tottenham Hotspur.

Selain membela dua klub London Utara, Tottenham Hotspur dan Arsenal, Campbell pernah memperkuat Portsmouth. Selama 17 tahun berkarier, Campbell telah meraih satu Piala Liga, dua gelar Premier League, tiga Piala FA dan satu gelar Community Shield.

 

5 dari 6 halaman

Tony Adams

Tony Adam adalah perwujudan dari efek transformative Arsene Wenger pada saat membesut Arsenal. Pemain yang dijuluki sebagai Mr. Arsenal menjadi bagian dari kesuksesan The Gunners di era awal Premier League.

Adams telah menghabiskan 22 tahun bersama Arsenal. Hal itu yang membuat Arsenal membangun sebuah patung untuk menghargai jasanya.

Selama berkarier, Adams telah memenangi empat gelar Premier League, tiga Piala FA, satu Piala Liga, satu Piala Winners, dan dua gelar Community Shield.

 

 

6 dari 6 halaman

Nemanja Vidic

Pada 2006, Manchester United mendatangkan Nemanja Vidic dari Spartak Moscow untuk menjadi tandem Rio Ferdinand di lini pertahanan. Bek asal Serbia tersebut juga menjadi seorang pemimpin bagi skuat Setan Merah

Vidic merupakan pekerja keras. Tak jarang, ia bergelut dengan pemain lawan hingga berdarah-darah.

Vidic telah membela Manchester United selama sembilan musim. Bersama Manchester United, Vidic telah menorehkan tiga Piala Liga, lima gelar Premier League, lima gelar Community Shield, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antar Klub. (Tegar Juel)

Sumber: Premier League

Video Populer

Foto Populer