3 Kunci Kemenangan Liverpool atas Manchester City

Oleh Gregah Nurikhsani pada 13 Nov 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 10:18 WIB
Liverpool Vs Manchester City

Bola.com, Jakarta - Liverpool berhasil memenangi duel kontra Manchester City dengan skor 3-1 pada pekan ke-12 Premier League 2019-20 di Stadion Anfield, Minggu (10/11/2019) malam. Hasil tersebut membuat Liverpool memperlebar jarak dengan Manchester City menjadi sembilan poin.

Liverpool mengejutkan Manchester City setelah Fabinho mencetak gol dari jarak jauh pada menit keenam. The Reds unggul satu gol atas The Citizens.

Tak sampai delapan menit, Liverpool kembali memperbesar keunggulan lewat sundulan Mohamed Salah. Bomber Mesir tersebut memanfaatkan umpan yang Andy Robertson berikan setelah berhasil lolos dari jebakan offside. The Reds unggul dua gol.

Ketertinggalan dua gol membuat anak asuh Pep Guardiola semakin gencar lancarkan serangan. Namun, hingga jeda laga skor tak berubah.

Demi mengejar defisit skor, Pep Guardiola menginstruksikan anak asuhnya untuk menyerang sejak menit pertama paruh kedua laga. Manchester City memanfaatkan Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling sebagai pengatur serangan di babak kedua.

Enam menit jalannya paruh kedua laga, Liverpool malah memperbesar keunggulan melalui sundulan Sadio Mane. Bomber Senegal tersebut berhasil memanfaatkan umpan dari Jordan Henderson dan membuat Claudio Bravo harus memumut bola untuk ketiga kalinya sepanjang laga.

Pada menit ke-78', Bernardo Silva berhasil memecahkan kebuntuan Manchester City. Pemain Portugal tersebut berhasil menaruh bola ke sisi kiri bawah gawang Allison. Keunggulan 3-1 Liverpool atas Manchester City bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini membuat Liverpool semakin kokoh di pucuk klasemen dengan raihan 34 poin dari 12 laga. Bagi Manchester City, hasil ini membuat klub tersebut melorot ke posisi keempat klasemen dengan raihan 25 poin dari 12 laga.

Lantas, apa yang membuat Liverpool berhasil meraih tiga poin berharga atas Manchester City di kandang sendiri? Berikut kami rangkum tiga alasan Liverpool dapat menangi laga semalam yang dilansir dari Sportskeeda:

2 of 4

Kontroversi VAR

Manchester City Vs West Ham
Teknologi VAR ketika digunakan West Ham saat melawan Manchester City pada laga Premier League di Stadion London, London, Sabtu (10/8). West Ham kalah 0-5 dari City. (AFP/Ian Kington)

Saat ini keberuntungan sedang berpihak kepada Liverpool. Salah satu keberuntungannya terjadi pada laga semalam.

Terlihat Trent Alexander-Arnold menyentuh bola dengan tangan sebanyak dua kali. Namun, wasit Michael Oliver tetap meneruskan jalannya pertandingan.

Para pemain Manchester City terlihat terpukul melihat dua kejadian tersebut. Walau begitu, para pemain The Citizens seharusnya tidak memerdulikan kejadian tersebut dan fokus pada waktu yang tersisa selama laga berlangsung semalam.

3 of 4

Rapuhnya Pertahanan Manchester City

Gelandang Manchester City, Rodri Hernandez.
Gelandang Manchester City, Rodri Hernandez (tengah), saat bersua Liverpool pada laga pekan ke-12 Premier League di Stadion Anfield, Minggu (10/11/2019). (AFP/Paul Ellis)

Jelang laga semalam, Manchester City mengalami kerapuhan di lini pertahanan. Pilar penting Manchester City seperti Aymeric Laporte, Ederson Moraes, dan Oleksandr Zinchenko tidak dapat bermain karena sedang mengalami cedera.

Liverpool berhasil memanfaatkan rapuhnya pertahanan Manchester City pada laga semalam. Claudio Bravo yang tampil menggantikan Ederson tidak mampu menyelamatkan pertahanan Manchester City dari kebobolan. Kiper asal Chile tersebut harus rela dibobol tiga kali oleh pasukan Jurgen Klopp pada laga semalam.

4 of 4

Efektivitas Liverpool

Liverpool Vs Manchester City
Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, berusaha melewati bek Manchester City, John Stones, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (10/11). Liverpool menang 3-1 atas City. (AFP/Paul Ellis)

Pada laga semalam, Liverpool terlihat bermain dengan sangat efektif. Dibandingkan dengan Manchester City, anak asuh Pep Guardiola terlihat lebih banyak membuang peluang.

Liverpool berhasil melancarkan 12 tendangan dan lima kali mengenai sasaran. Sementara itu, Manchester City melancarkan 18 tendangan dan tiga kali berhasil tepat sasaran.

Bomber Manchester City, Sergio Aguero, telah membuang banyak peluang emas sejak menit pertama. Lini pertahanan Liverpool berhasil menahan gempuran serangan The Citizens.

Sementara itu, Liverpool lebih tenang dalam memanfaatkan peluang. Hal itu terbukti dari tiga gol hasil lengahnya pertahanan Manchester City pada pertandingan kemarin. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: Premier League, Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓
Tak Berbeda dengan Laga Timnas, Inter vs Barca Diramaikan Pedagang Kaki Lima