Tottenham Hotspur Jadi Penyumbang Pemain Terbanyak Buat Timnas Inggris

Oleh Gregah Nurikhsani pada 15 Nov 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 17 Nov 2019, 09:16 WIB
Gareth Southgate dan Timnas Inggris.

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur menjadi klub dengan sumbangsih pemain terbanyak buat Timnas Inggris. Liverpool berada di posisi kedua, sementara Manchester United berada di posisi kelima.

Timnas Inggris akan menghadapi Montenegro pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020. Laga tersebut merupakan laga internasional ke-1000 bagi The Threee Lions sepanjang sejarah.

Timnas Inggris tak mau kalah dalam laga tersebut. Pasalnya, tiga poin pada laga tersebut akan mengantarkan Raheem Sterling dan kawan-kawan lolos ke Euro 2020.

Mundur jauh ke belakang, Inggris memulai laga internasional perdana pada tahun 1872. Pada laga tersebut, Skotlandia  berhasil menahan imbang Inggris dengan skor 0-0 di Hamilton Crecent.

Sudah ada 1.244 pemain yang memperkuat Timnas Inggris sepanjang sejarah. Sembilan di antaranya telah bermain sebanyak 100 kali bagi tim Tiga Singa, sedangkan 356 pemain lainnya hanya bermain sekali.

Peter Shilton menjadi pemain dengan caps terbanyak Timnas Inggris. Kiper legendaris tersebut telah bermain sebanyak 125 kali bersama Timnas Inggris. Disusul oleh Wayne Rooney dengan 120 caps, David Beckham dengan 115 caps, Steven Gerrard dengan 114 caps.

Total sudah ada 143 klub dari dalam maupun luar Inggris yang menyuplai pemainnya ke Timnas Inggris. Atletico Madrid, DC United, dan Borussia Dortmund menjadi contoh tim luar Inggris yang menyumbang pemain bagi Timnas Inggris.

Tottenham Hotspur menjadi penyuplai pemain terbanyak bagi Timnas Inggris. Tim London Utara tersebut menyumbang 78 pemain sejak pertama kali Timnas Inggris bermain.

Saat ini, Danny Rose, Harry Winks, dan Harry Kane menjadi pemain aktif yang membela Timnas Inggris. Dele Alli dan Eric Dier yang biasa menjadi langganan kali ini tidak diikutsertakan manajer Gareth Southgate.

Pemuncak klasemen Premier League saat ini, Liverpool menjadi tim penyuplai terbanyak kedua. The Reds menyumbang 74 pemain sepanjang sejarah berlaganya Timnas Inggris di pentas internasional.

Duo tim kuat Premier League lainnya secara mengejutkan menepati peringkat kelima dan enam dalam menyubangkan pemain ke Timnas Inggris. Kedua klub tersebut masing-masing menyumbang 67 dan 63 pemain sejak tahun 1872.

Dua tim kaya saat ini, Manchester City dan Chelsea hanya menepati posisi tujuh dan delapan dalam penyuplai terbanyak pemain ke Timnas Inggris. Dua tim biru tersebut sama-sama menyubang 49 pemain sepanjang sejarah laga internasional Timnas Inggris. (Bola.com/Tegar Juel)

 

2 of 2

Klub Penyuplai Pemain Terbanyak untuk Timnas Inggris

Final Liga Champions-Liverpool-Real Madrid
Gelandang Liverpool, Trent Alexander-Arnold melakukan pemanasan saat sesi pelatihan di stadion Anfield, Inggris (21/5). Liverpool akan bertanding melawan wakil Spanyol, Real Madrid pada babak Final Liga Champions. (AFP Photo/Paul Ellis)
  • Tottenham – 78 pemain
  • Liverpool – 74 pemain
  • Aston Villa – 74 pemain
  • Everton – 68 pemain
  • Manchester United – 67 pemain
  • Arsenal – 63 pemain
  • Manchester City – 49 pemain
  • Chelsea – 49 pemain
  • Blackburn Rovers – 48 pemain
  • West Bromwich Albion – 44 pemain
Lanjutkan Membaca ↓