Manchester United Luncurkan Ransel dengan Latar Belakang Stretford End

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 20 Nov 2019, 10:50 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 15:17 WIB
Logo Ilustrasi MU

Bola.com, Manchester - Manchester United meluncurkan merchandise ransel dengan gambar tribune Stretford End. Ransel itu merupakan hasil produksi Paul Smith dan dibanderol 440 pounds (Rp8 juta).

Ransel tersebut berbahan kulit yang dikombinasikan dengan kain kanvas pada bagian gambar. Namun, penggemar Manchester United tidak dapat membawa ransel tersebut ke Old Trafford saat pertandingan.

Ransel ini berukuran 44cm x 31cm x 15 cm, jauh lebih besar dari batas yang diterapkan oleh peraturan stadion. Situs resmi The Red Devils memberi tahu penggemar untuk tidak membawa tas melebihi 20cm x 15cm x 5cm.

Jika penggemar mencoba membawa tas melebihi batas tersebut, mereka harus membayar 5 pounds (Rp 90 ribu) untuk biaya titipan di penitipan tas resmi. Namun, pihak klub tidak membatasi berapa banyak tas yang dapat masuk ke stadion.

Manchester United dan Paul Smith mulai menampilkan sisi Theatre of Dreams dalam suvenirnya mulai November tahun lalu. Paul Smith telah bekerja sama dengan Manchester United sejak satu dekade lalu.

2 of 2

Jual Merchandise Lain

Selain ransel, Manchester United dan Paul Smith juga menjual cufflinks dan dompet bertemakan Old Trafford. Harga yang dipatok pun mencapai 100 pounds (Rp1,1 juta) dan 155 pounds (Rp2,8 juta).

Namun, sisi ini membuat fans melayangkan kritik kepada klub. Mereka beranggapan klub lebih mementingkan sisi komersial bisnis daripada aspek sepak bola.

Wakil Ketua Eksekutif, Ed Woodward, menjadi orang yang dijadikan kambing hitam dalam permasalahan tersebut. Dia malah berniat tidak akan mengeluarkan uang pada bursa transfer Januari 2020.

"Kami akan melanjutkan dengan strategi kami untuk mempromosikan para pemain terbaik yang lulus dari akademi. Kami akan investasi materi di musim panas untuk memperkuat skuat muda kami untuk terlibat dalam perebutan gelar," kata Ed Woodward dikutip Sportbible, Rabu (20/11/2019).

Sumber: Sportbible

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh