Sukses


Resmi Dipecat, Ini 4 Rekor Buruk Unai Emery saat Tangani Arsenal

Bola.com, Jakarta - Unai Emery resmi dipecat dari jabatannya sebagai manajer Arsenal pada Jumat (29/11/2019). Emery harus meninggalkan kursi pelatih The Gunners setelah 18 bulan bertugas di klub asal London Utara itu.

Keputusan Arsenal untuk memecat Unai Emery tak terlalu mengejutkan. Pria asal Spanyol itu dinilai gagal membawa Arsenal tampil menyakinkan musim ini. Rumor pemecatan Emery juga sudah kuat berembus sejak beberapa hari terakhir. 

Sama seperti Manchester United, Arsenal juga terseok di papan tengah klasemen sementara Premier League. The Gunners bercokol di posisi delapan dengan raihan 18 poin.

Poin tersebut didapat dari empat kemenangan, enam hasil imbang, dan tiga kekalahan dari 13 pertandingan yang telah dilalui. Bukan hanya di kompetisi Premier League, Arsenal juga tampil buruk di kompetisi Liga Europa.

Terbaru, klub yang bermarkas di Emirates Stadion itu kalah dari Eintracht Frankfurt di Emirates Stadium pada matchday kelima Liga Europa, Jumat (29/11/2019) dini hari WIB. Suporter tampak sudah jenuh dengan hasil buruk yang dipersembahkan Unai Emery.

Tagar dan narasi Emery Out terus bergema sepanjang laga. Bahkan, pada laga Liga Europa itu, bangku Emirates Stadion tampak setengah kosong.

Hal tersebut bisa dimaklumi. Sejak menangani Arsenal, Unai Emery terus mencatatkan rekor buruk. Apa saja catatan buruk yang ditorehkan Unai Emery kala menukangi Arsenal? Berikut Bola.com telah merangkumnya.

2 dari 5 halaman

1. Prosentase Kemenangan Rendah

Melansir dari unggahan akun twitter @BBCMOTD, Unai Emery gagal membawa Arsenal bersinar. Emery telah menukangi Arsenal selama 18 bulan, namun klub London Utara tersebut hanya memiliki prosentase kemenangan sebanyak 55,1 persen.

Bagi klub selevel Arsenal, persentase kemenangan tersebut jelas sangat buruk. 

Prosentase tersebut didapat dari hitung-hitungan kemenangan Emery dalam 78 pertandingan yang telah dilalui bersama Arsenal. Dari 78 pertandingan, Emery hanya mempersembahkan 43 kemenangan, 16 hasil imbang, dan 19 kekalahan.

3 dari 5 halaman

2. Cetak Rekor Terburuk Klub sejak 27 Tahun Terakhir

Di bawah Unai Emery, Arsenal tak menorehkan satu pun kemenangan dalam tujuh laga terakhir. Catatan itu menjadi yang terburuk sejak 1992 alias 27 tahun terakhir.

Terbaru, skuat racikan Unai Emery gagal merengkuh hasil memuaskan di kandang sendiri. Arsenal tunduk dari Eintracht Frankfurt dengan skor 1-2 di Liga Europa.

4 dari 5 halaman

3. Poin Terburuk

Musim ini Arsenal hanya mendapatkan 18 poin dari 13 pertandingan yang telah dilalui. Poin tersebut bukan catatan yang membanggakan bagi Arsenal.

Premier League musim 2019-20 menjadi awal musim terburuk Arsenal, bahkan lebih buruk daripada musim 1994-95 di bawah pimpinan George Graham.

Catatan buruk awal musim Arsenal lainnya terjadi pada kompetisi Premier League musim 2012-2013 dan 2014-2015. Pada musim itu, The Gunners hanya mampu mengoleksi 20 poin dari 13 pertandingan.

5 dari 5 halaman

4. Gonta-Ganti Kapten

Bukan hanya persoalan taktik dan pencapaian, Unai Emery juga mencatatkan rekor buruk soal kepercayaan. Bagaimana tidak, Emery sering mengganti kapten di Arsenal.

Dalam 78 pertandingan yang telah dijalani, Emery menunjuk sembilan kapten yang berbeda. Hanya Laurent Koscielny yang paling lama mengenakan ban kapten yakni dalam 20 pertandingan. Manuver Unai Emery itu dinilai aneh oleh sejumlah suporter.

Video Populer

Foto Populer